7 Tanda Kamu Terlalu Banyak Makan Gula

Desember 06, 2019

7 Tanda Kamu Terlalu Banyak Makan Gula

          Ladies, kamu termasuk orang yang suka makanan manis? Makanan yang mengandung gula memang enak dan membuat suasana hati menjadi lebih baik. Tetapi faktanya makan terlalu banyak gula akan mengarah pada penyakit diabetes dan dampaknya lebih buruk bagi tubuh. Jadi, bagaimana cara kamu tahu bahwa kamu sudah terlalu banyak makan gula? Yuk periksa tanda-tandanya!

1. Kulit Menjadi Berjerawat
          Beberapa orang kulitnya menjadi sensitif ketika mendapatkan lonjakan insulin dari asupan gula. Ini dapat memicu munculnya jerawat atau rosacea. Efek dari makanan manis ini akan muncul dalam beberapa hari sehingga sebaiknya kamu segera mengatur makanan yang masuk ke dalam tubuhmu.

2. Berat Badan Bertambah
          Memakan banyak makanan manis sama saja dengan menumpuk kalori di tubuh. Apalagi karena gula tidak mengandung protein atau serat, makanan ini tidak membuat kamu lebih kenyang. Ini juga memicu pelepasan insulin, hormon yang memainkan peran besar dalam penambahan berat badan dan diabetes. Ketika kita makan gula, pankreas melepaskan insulin, yang membawa gula ke organ kita sehingga bisa digunakan untuk energi. Ketika kamu mengonsumsi gula, tubuh diminta untuk memproduksi lebih banyak insulin dan seiring waktu dapat menyebabkan resistensi insulin. Resistensi insulin berarti tubuh kita tidak dapat merespons jumlah insulin normal dengan baik dan karenanya tidak dapat menggunakan gula dengan cara yang benar. Dengan mengonsumsi banyak gula, kamu juga dapat mengembangkan penyakit diabetes tipe 2.

3. Selalu Ingin Makanan/Minuman Manis
          Semakin banyak gula yang kamu makan, semakin kamu terus menginginkannya. Kamu akan cenderung menginginkan makanan yang manis karena indra perasa kamu sudah menyesuaikan dengan makanan manis sehingga kamu butuh makanan manis lebih banyak lagi untuk memuaskannya.

4. Gigi Berlubang
          Makan makanan manis akan menyebabkan bakteri di mulut memakan partikel makanan di antara gigi sehingga memproduksi asam yang menyebabkan kerusakan gigi. Air liur kita mempertahankan keseimbangan bakteri yang sehat dengan sendirinya, tetapi makan gula dapat mempengaruhi pH dan mengacaukannya. Hal ini akan memberi bakteri kesempatan untuk berkembang biak dan membuat gigi berlubang.

5. Tidak Ada yang Terasa Semanis Dulu
          Makan terlalu banyak gula pada dasarnya akan mengacaukan indra perasa kamu. Terlalu banyak makan gula menyebabkan toleransi gula darahmu meningkat, jadi kamu membutuhkan lebih banyak gula untuk memuaskan keinginan manis itu. Ketika lidah sudah membutuhkan banyak gula, akan sulit menurunkan level manis yang sudah menjadi standarmu.

6. Energi Menurun Sepanjang Hari
          Energi paling stabil ketika gula darah stabil, jadi ketika kamu mengonsumsi terlalu banyak gula, naik turunnya gula darah akan menyebabkan naik turunnya energi. Mengonsumsi banyak gula juga berarti kemungkinan kamu tidak makan cukup protein dan serat, di mana keduanya merupakan nutrisi penting untuk menghasilkan energi.

7. Otak Cenderung Lamban Terutama Setelah Makan
          Ini adalah gejala umum dari gula darah rendah. Ketika kamu makan banyak gula, kadar gula darah dengan cepat naik dan turun, bukannya secara bertahap. Kontrol gula darah yang buruk adalah risiko utama untuk masalah kognitif dan konsentrasi.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak