7 Penyebab Kulit Kering yang Harus Kamu Tahu

Juli 30, 2019

7 Penyebab Kulit Kering yang Harus Kamu Tahu

Memiliki kulit kering tidak hanya disebabkan oleh kurangnya konsumsi air putih atau tidak merawat kulit. Justru bisa juga dari berlebihan memakai skincare. Misalnya, terlalu sering dieksfoliasi, tidak menggunakan produk perawatan yang tepat, dan masih banyak lagi lainnya.

1. Sering mencuci wajah

Mencuci wajah terlalu sering justru membuat kulit makin kering. Bahkan, mencuci wajah hanya dengan air juga bikin kering. Dermatolog Adam Frieman, MD, FAAD menyatakan, mencuci wajah cukup pada pagi dan malam hari dengan sabun muka yang lembut, bisa membersihkan tapi tidak menghilangkan minyak alami wajah. Gunakan pula makeup remover sebelum mencuci wajah.

2. Over eksfoliasi

Sering eksfoliasi kulit bisa merusak pelindung kulit sehingga berisiko alergi, iritasi, dan penyebaran virus pada kulit. Dermatolog Michael Nova, MD menyarankan, eksfoliasi memang penting tapi cukup lakukan 1-2 kali seminggu dan tidak berlebihan.

3. Melewatkan pelembab

Pelembab penting untuk kulit karena bisa menghidrasi lapisan sel kulit dan menjaga kelembapannya. Ahli kecantikan Dr. Maribel Pedrozo menyarankan pemilik kulit kering tidak boleh meninggalkan rumah tanpa pelembab. Dianjurkan memilih pelembab dengan kandungan lipid dan squalene.

4. Mengaplikasikan pelembab pada wajah kering

Mengaplikasikan pelembab pada wajah kering justru menghalang kelembapan karena mencegah air menguap dari kulit dan membuatnya tertekan ke dalam kulit. Baiknya, aplikasikan pelembab pada kulit yang lembab atau setengah kering karena akan lebih efektif hasilnya.

5. Produk wewangian

Kulit kering juga disebabkan dari penggunaan produk yang mengandung parfum atau wewangian dengan kadar berlebihan. Parfum bisa mengiritasi kulit, sehingga perlu pilih produk aman dengan kadar wewangian yang lebih sedikit atau cari yang tidak mengandung itu di dalamnya. Dermatolog Dr. Richard Torbeck menyarankan, pemilik kulit kering tidak baik menggunakan krim atau lotion yang mengandung wewangian.

6. Glycolic acid

Glycolic acid merupakan eksfoliator yang kuat namun bisa membuat kulit menjadi lebih kering. Dermatolog Dr. Monica Bonakdar menyarankan pemilik kulit kering harus memilih pembersih dengan kandungan lactic acid ketimbang glycolic acid. Kandungan lactic acid bisa digunakan sebagai eksfoliator sekaligus menghidrasi kulit.

7. Konsumsi produk diuretik berlebihan

Misalnya, alkohol, kafein, serta makanan yang asin membuat kulit kering. Penting bagi pemilik kulit kering untuk rutin mengonsumsi vitamin C untuk memproduksi kolagen, protein, dan lemak sehat.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak