7 Manfaat Ampas Kopi untuk Kecantikan Kulit

Agustus 06, 2019

7 Manfaat Ampas Kopi untuk Kecantikan Kulit

Siapa sangka, ampas kopi justru memiliki sejuta manfaat untuk kecantikan kulit. Menurut ahli kecantikan, kopi sering digunakan sebagai bahan utama produk kosmetik. Mulai dari facial wash, serum, hingga krim pelembab. Mulai sekarang, jika kamu memiliki kopi di rumah bisa dimanfaatkan sebagai berikut:

1. Mencerahkan kulit

Kopi memainkan peran penting dalam meregenerasi sel kkulit, meningkatkan kolagen, dan meningkatkan elastisitas kulit. Kafein pada kopi melindungi kulit dari bahayanya sinar matahari. Kamu bisa memanfaatkan ampas kopi sebagai masker. Caranya, campurkan ampas kopi dengan minyak zaitun. Oleskan ke seluruh permukaan wajah dan leher, diamkan selama 15-30 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat suam-suam kuku sampai bersih.

2. Samarkan noda bekas jerawat

Noda bekas jerawat yang sulit menghilang bisa diatasi dengan ampas kopi. Dengan memanfaatkan ampas kopi sebagai scrub alami. Kamu bisa mencampurkan ampas kopi dengan sedikit air mawar atau madu hingga mengental. Oleskan ke seluruh permukaan wajah dan tunggu hingg kering. Kemudian bilas wajah dengan air dingin sampai bersih. Aplikasikan scrub ini setiap dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Atasi kantung mata

Kantung mata dan lingkaran hitam umumnya disebabkan oleh genetika, alergi, retensi cairan, dan juga kurang tidur. Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan ampas kopi yang telah didinginkan dengan cara mengompres area mata dan diamkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih. Sifat anti inflamasi pada kafein dapat menyempitkan pembuluh darah sehingga mengurangi pembengkakan bawah mata.

4. Eksfoliator

Ampas kopi bisa dijadikan eksfoliator tubuh dan wajah. Sebab, bisa mengangkat sel kulit mati dan melembabkan kulit. Caranya, campurkan ampas kopi dengan minyak zaitun atau minyak alami lainnya. Usapkan ke seluruh tubuh sambil dipijat secara perlahan, kemudian bilas dengan sabun hingga bersih. Selain itu, ampas kopi juga bisa membersihkan kaki dan mengatasi kulit kaki yang pecah-pecah. Caranya, seduh kopi dengan air panas di wadah kecil atau ember. Tunggu hingga kopinya hangat, lalu rendam kaki dalam larutan kopi tersebut.

5. Melembutkan bibir

Bibir lembut dan cerah menjadi idaman setiap orang. Kamu bisa mendapatkan bibir idaman dengan cara rutin scrub alami dari ampas kopi. Caranya, campurkan setengah sendok teh ampas kopi dengan setengah sendok teh madu untuk menscrub bibir. Gosokan secara lembut dengan campuran tersebut selama 30 detik. Bersihkan bibir dengan air bersih lalu gunakan lip balm.

6. Mengkilaukan rambut

Selain untuk wajah, ampas kopi juga bisa membuat rambut berkilau. Campurkan satu sampai dua sendok teh kopi dan kondisioner. Oleskan ke rambut yang telah dibersihkan atau keramas. Biarkan selama 5 menit lalu bilas hingga bersih. Dengan ampas kopi, kamu juga bisa menjadikannya pewarna rambut alami. Buat seduhan kopi secukupnya untuk membasahi rambut sampai benar-benar basah dari kepala hingga ujung rambut. Peras rambut dengan lembut, ikat rambut dengan dicepol, gunakan shower cap. Diamkan rambut selama 30 menit hingga 3 jam lalu bilas sampai bersih.

7. Hilangkan selulit

Ternyata selulit bisa disamarkan dengan ampas kopi, loh. Kafein pada kopi dapat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga mengurangi munculnya selulit. Kopi yang kaya antioksidan dianggap membantu memperbaiki keseluruhan warna kulit menjadi lebih sehat. Caranya, campurkan ampas kopi dengan minyak zaitun lalu oleskan sambil memijat lembut di area yang terdapat selulit.




Dan juga Beauty Tips

Manfaat Orbignya Oleifera Seed Oil dari Ujung Rambut sampai Ujung Kaki
Manfaat Orbignya Oleifera Seed Oil dari Ujung Rambut sampai Ujung Kaki

Agustus 22, 2019

Orbignya Oleifera Seed Oil atau lebih dikenal dengan nama minyak Babassu merupakan minyak yang berasal dari pohon palem Babassu

Baca lebih banyak

5 Jenis Kacang yang Bikin Kulit Kinclong dan Sehat
5 Jenis Kacang yang Bikin Kulit Kinclong dan Sehat

Agustus 22, 2019

Selain menjadi menu diet yang mengenyangkan dan sehat, ternyata makan kacang-kacangan dapat membuat kulit semakin bersinar dan sehat

Baca lebih banyak

5 Kesalahan Saat Pakai Masker yang Harus Dihindari
5 Kesalahan Saat Pakai Masker yang Harus Dihindari

Agustus 22, 2019

Menggunakan masker dapat berakhir dengan tidak efektif apabila kamu melakukan kesalahan-kesalahan kecil namun fatal seperti

Baca lebih banyak