7 Makanan yang Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Oktober 28, 2019

7 Makanan yang Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi

          Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan mengarah pada beragam penyakit yang mematikan. Sebut saja penyakit serangan jantung, masalah ginjal, stroke dan penyakit lainnya. Sayangnya, tekanan darah tinggi merupakan pembunuh diam-diam karena gejalanya sulit diketahui dan akan menimbulkan masalah besar apabila tidak diobati secara berkala. Banyak faktor yang menyebabkan tingginya tekanan darah seperti usia, genetika, jenis kelamin dan ras. Namun kamu dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi dengan makan makanan yang rendah natrium dan kaya akan kalium, magnesium, serta serat seperti:

1. Bawang Putih dan Rempah-rempah
          Bawang putih dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan meningkatkan jumlah oksida nitrat dalam tubuh. Oksida nitrat akan membantu melebarkan arteri sehingga dapat mengurangi tekanan darah. Selain itu, dengan menggunakan bawang putih dan bumbu rempah lainnya, kamu juga dapat menyiasati pengurangan garam dalam masakan. Kamu dapat mencoba bumbu rempah seperti kayu manis, thyme, kemangi, rosemary, dan masih banyak lagi.

2. Salmon dan Ikan dengan Omega-3
          Sebagai sumber protein yang baik, ikan salmon juga memiliki asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan menurunkan trigliserida (salah satu jenis lemak dalam darah). Selain asam lemak omega-3, salmon juga mengandung vitamin D yang bersifat menurunkan tekanan darah.

3. Susu Tanpa Krim dan Yogurt
          Susu tanpa krim memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan rendah lemak. Kedua kandungan ini merupakan elemen yang penting untuk menurunkan tekanan darah. Apabila kamu tidak suka susu, kamu dapat menggantinya dengan yogurt rendah gula. Tambahkan juga granola, buah-buahan dan kacang almond untuk menyehatkan jantung.

4. Sayuran Hijau
          Sayuran hijau mengandung banyak kalium yang akan membuat kadar natrium akan terproses melalui urin. Lebih sedikit natrium dalam tubuh berarti lebih rendah tekanan darah. Sayuran hijau yang tinggi kalium seperti bayam, sawi, lobak, kol, dan selada romaine.

5. Oatmeal
          Oatmeal adalah makanan yang rendah lemak, tinggi serat namun rendah sodium. Makan oatmeal sebagai menu sarapan merupakan kebiasaan bagus yang dapat menurunkan tekanan darah.

6. Berry
          Berry terutama blueberry kaya akan antioksidan bernama flavonoid. Penelitian membuktikan bahwa memakan buah yang kaya akan flavonoid dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kamu dapat menyantap blueberry, strawberry dan raspberry sebagai menu diet atau sebagai makanan penutup yang menyehatkan.

7. Delima
          Dinikmati secara langsung atau dijadikan jus, mengonsumsi buah delima dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam jangka pendek. Apabila kamu membeli buah delima dalam jus kemasan di toko, pastikan untuk memperhatikan kadar gula sehingga tidak membuat tubuh justru kelebihan glukosa.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak