7 Langkah Merawat Kulit agar Tampak Segar di Pagi Hari

Oktober 10, 2019

7 Langkah Merawat Kulit agar Tampak Segar di Pagi Hari

Kunci kulit sehat dan bercahaya dimulai dari cara merawat wajah di pagi hari. Itu juga bergantung pada langkah dasar perawatan. Sebab, kuncinya tidak hanya menggunakan rangkaian skincare tapi ada hal lain yang juga perlu dilakukan.

1. Minum air putih

Mulailah dengan minum air putih setelah bangun tidur. Air putih membersihkan tubuh dan kulit dari racun sehingga menghindari kulit dari kering dan kusam. Banyak orang percaya, minum air putih membuat kulit makin bercahaya. Bahkan, yang berjerawatpun mendapatkan hasil memuaskann meski tidak dengan cara instan. Namun, kulit akan merasakan hasilnya jika kamu konsumsi asupan air yang cukup dalam beberapa minggu. Air putih hangat sangat direkomendasikan setelah bangun tidur.

2. Sarapan sehat

Sarapan adalah cara merawat wajah di pagi hari sekaligus menjaga kebugara tubuh secara menyeluruh. Tidak harus makan berat, tapi bisa diganti dengan oatmeal dicampur buah segar. Sarapan oatmeal membantu melembabkan kulit, menghilangkan jerawat, dan cegah kulit kering.

3. Cuci muka

Pagi hari, wajah juga harus dibersihkan untuk menghilangkan penumpukan produk skincare dan minyak berlebih semalaman, sekaligus membuat segar dan melembutkan kulit. Disarankan untuk memilih pembersih dengan pH rendah yang menenangkan dan tidak mengiritasi kulit. Pijat wajah dengan lembut dan gerakan memutar lalu bilas dengan air hangat. Keringkan wajah dengan ditepuk-tepuk menggunakan handuk.

4. Toner

Toner membantu melapisi kulit, mempercepat produk skincare menembus ke dalam lapisan kulit, mengecilkan pori-pori, dan menyeimbangkan tingkat pH kulit. Serta, berfungsi untuk menghilangkan sisa minyak dan kotoran dari pembersih. Hindari toner yang mengandung alkohol karena akan membuat kulit makin kering.

5. Pelembab

Berguna sebagai pelindung kulit yang mengunci keseimbangan kelembapan wajah agar lebih lembut dan halus. Kamu bisa mengaplikasikan pelembab pada pagi hari. Untuk kulit berminyak, pilih pelembab yang noncomedogenic atau berbahan dasar air. Sedangkan, kulit kering berbahan dasar krim yang rich.

6. Sunscreen

Sunscreen membantu kulit wajah terlindung dari sinar matahari yang mengakibatan kulit kusam, keriput, garis halus, flek, dan hiperpigmentasi. Pilih sunscreen dengan SPF 30 lalu oleskan secukupnya pada permukaan wajah dan leher hingga rata. Hindari sunscreen dengan SPF lebih dari 50 karena bisa membuat kulit berminyak dan berisiko menyumbat pori dan menimbulkan jerawat.

 

7. Eksfoliasi

Kulit terus-menerus menghasilkan jutaan sel kulit tiap hari. Namun, sel itu terkadang menumpuk di permukaan kulit lalu menjadi sel kulit mati yang berisiko menjadi komedo bahkan jerawat. Eksfoliasi diperlukan untuk mengangkat sel kulit mati. Namun, jangan lakukan ini jika kulitmu sedan berjerawat. Terdapat dua eksfoliasi:

Physical exfoliation : Metode pengelupasan fisik menggunakan scrub, waslap, dan sikat untuk mengikis kulit mati. Cocok untuk kulit kering dan kamu juga bisa melakukan mikrodermabrasi di dokter kulit.

Chemical exfoliation : Metode ini paling agresif karena efektif untuk masuk ke dalam pori-pori. Pengelupasan ini menggunakan bahan kimia, seperti alpha dan beta (AHA dan BHA) yang cocok untuk kulit berminyak.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak