7 Kebiasaan Buruk yang Perlahan Tapi Pasti Merusak Gigi

November 21, 2019

7 Kebiasaan Buruk yang Perlahan Tapi Pasti Merusak Gigi

          Menyikat gigi dua kali sehari nampaknya tidak cukup untuk merawat gigi. Kebanyakan dari kita masih melakukan aktivitas tertentu yang perlahan tapi pasti membuat gigi menjadi semakin rusak. Jika kamu masih ingin memiliki gigi yang utuh dan bersih di umur 65 nanti, cobalah untuk menghentikan semua kebiasan buruk berikut ini.

1. Menyikat Gigi Terlalu Keras
          Banyak orang percaya semakin keras dan cepat menyikat gigi makan semakin baik hasilnya. Kenyataannya ini malah mengiritasi gusi dan merusak email gigi. Gigi kamu seharusnya tidak terasa sakit setelah disikat. Jika kamu masih menyikat terlalu keras, cobalah untuk menyikat menggunakan tangan yang tidak dominan untuk mengurangi tekanan pada gigi.

2. Mengonsumsi Makanan Asam
          Banyak dari kita yang menyukai makanan atau minuman asam yang menyegarkan. Sayangnya, mengonsumsi banyak makanan atau minuman asam akan mengikis dan merusak enamel gigi. Enamel gigi yang rusak dapat menyebabkan risiko gigi berlubang, gigi lebih sensitif dan masalah lainnya. Jika kamu tidak bisa mengurangi makan makanan asam, setidaknya selalu ingat untuk menyikat gigi paling tidak setengah jam setelah mengonsumsi untuk mencegah gigi rusak.

3. Asupan Gula Tinggi
          Semakin banyak mengonsumsi gula, semakin banyak jumlah bakteri yang berkembang biak di mulut. Bakteri ini akan menyebabkan gigi berlubang, mengikis enamel dan masalah lainnya. Penting untuk membatasi makanan yang manis dan lengket. Sebagai gantinya, kamu dapat memperbanyak mengonsumsi buah-buahan segar.

4. Mengunyah Es Batu
          Meskipun mengunyah es batu terasa menyegarkan, kebiasaan ini juga dapat merusak enamel gigi. Hal ini dikarenakan es dan enamel gigi sama-sama memiliki struktur kristal sehingga dapat menyebabkan salah satu dari keduanya pecah. Terkadang saat kita mengunyah es batu, justru gigi yang akhirnya patah atau terkelupas.

5. Membuka Kemasan dengan Gigi
          Kebiasaan ini sering sekali dilakukan oleh banyak orang. Jangan sekali-kali menggunakan gigi untuk membuka kemasan atau menggunakan gigi sebagai alat. Ini hanya akan membuat gigi menjadi retak dan patah. Gunakanlah gunting atau pisau untuk membuka kemasan sehingga gigimu tidak menjadi korban.

6. Menggigit Kuku
          Menggigit kuku juga dapat membuat gigi menjadi rusak. Seiring waktu, gigi akan menjadi retak, terkelupas, bahkan dapat menyebabkan disfungsi rahang. Menjaga kuku tetap pendek, memakai kuku palsu, atau menggunakan cat kuku dapat membantu kamu untuk mengatasi kebiasaan menggigit kuku.

7. Salah Menggunakan Tusuk Gigi
          Tusuk gigi memang sering dipakai untuk mengambil sisa makanan yang menyangkut di gigi. Namun menggunakan tusuk gigi untuk menghilangkan plak atau karang gigi dari gigi dapat merusak enamel dan mengelupas gigi. Menyorong tusuk gigi di antara celah-celah gigi juga dapat menyebabkan gigi bergeser dan membentuk celah yang lebih besar jika dilakukan secara berlebihan.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak