7 Kebiasaan Buruk yang Bikin Gigi Kuning

November 05, 2019

7 Kebiasaan Buruk yang Bikin Gigi Kuning

          Ingin tersenyum dengan bebas tapi malu dengan gigi yang kuning? Mungkin kamu berpikir bahwa memutihkan gigi adalah salah satu solusi yang mudah. Namun tak mudah untuk menjaganya tetap putih. Kamu tak dapat menjaga gigi tetap putih apabila kamu melakukan kebiasaan buruk seperti:

1. Tidak Menyikat dan Membersihkan Gigi dengan Benang
          Saat kamu tidak rajin menyikat gigi, plak yang terbentuk di permukaan gigi cenderung akan mempertahankan noda. Mulut yang tidak bersih juga membuat plak menumpuk. Direkomendasikan untuk menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride. Gunakan juga benang gigi setidaknya sekali sehari dan kurangi makan makanan yang mengandung banyak gula.

2. Minum Kopi, Anggur Merah dan Minuman Berwarna Lainnya
          Kopi seringkali dikaitkan dengan gigi yang kuning apalagi jika sering meminumnya tanpa membilas mulut dengan air. Kopi memiliki pigmen gelap yang disebut promogen dan dapat menempel pada permukaan enamel gigi yang menyebabkan gigi menjadi gelap seiring waktu. Sama saja dengan minum anggur merah, teh hitam, makan buah-buahan berwarna cerah dan makanan seperti saus kari. Setelah minum atau makan sesuatu yang memiliki warna pekat, jangan lupa untuk menyikat gigi.

3. Minum Minuman Asam
          Minuman yang asam akan membuat enamel gigi menipis dan gigi menjadi lebih rentan terhadap noda dari makanan atau minuman lainnya. Minuman berkarbonasi juga menyebabkan noda gigi sehingga cobalah untuk menghindari minuman ini.

4. Menahan Makanan dan Minuman di Mulut
          Semakin lama sesuatu bersentuhan dengan gigi, semakin banyak waktu untuk meninggalkan noda. Usahakan untuk tidak menyimpan makanan atau minuman di mulut lebih lama dari yang diperlukan sebelum menelan. Kamu dapat mencoba menggunakan sedotan untuk minuman untuk membantu membatasi kontak gigi depan dengan cairan.

5. Merokok
          Tak hanya buruk bagi kesehatan paru-paru, merokok juga menjadi penyebab gigi bernoda. Selain noda, merokok adalah salah satu faktor risiko umum untuk banyak masalah kesehatan mulut, seperti penyakit gusi dan kanker mulut.

6. Tidak Minum Cukup Air
          Seringkali kurang air dapat menyebabkan bau mulut dan noda yang menempel di gigi. Minum air tidak hanya menghidrasi tubuh namun juga membantu menghilangkan noda yang menempel di gigi.

7. Tidak Mengunjungi Dokter Gigi
          Setelah melakukan pencegahan, kamu tetap perlu melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter gigi. Ini penting untuk mengetahui masalah apa yang sedang dialami gigi dan untuk mencegah masalah lainnya semakin besar seperti masalah gigi berlubang.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak