7 Efek Samping Laser Hair Removal

Juli 12, 2019

7 Efek Samping Laser Hair Removal

          Menghilangkan bulu di tubuh menggunakan metode laser hair removal bukan berarti tidak memiliki efek samping. Apabila praktek laser hair removal melakukan kesalahan, beberapa efek samping bisa saja menjadi luka yang permanen di tubuh. Sebelum membuat janji temu untuk melakukan laser hair removal, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kondisi tubuhmu. Konsultasikan dengan ahlinya sehingga efek samping dari laser hair removal tidak terlalu banyak kamu rasakan. Beberapa efek samping yang dapat terjadi setelah melakukan laser hair removal :

1. Perubahan warna kulit
          Setelah melakukan laser hair removal, beberapa orang mungkin akan mengalami perubahan warna kulit di daerah yang dirawat. Orang yang memiliki kulit lebih terang mungkin mengalami perubahan warna kulit menjadi lebih gelap sedangkan orang yang memiliki warna kulit lebih gelap mungkin mengalami perubahan warna kulit menjadi lebih terang. Perubahan ini cenderung tidak memakan waktu lama dan kulit akan kembali berwarna normal seiring waktu.

2. Risiko infeksi kulit
          Karena cara kerjanya yang merusak folikel rambut dengan laser, hal ini dapat menyebabkan risiko infeksi pada kulit yang dirawat. Daerah yang dirawat harus diperlakukan dengan baik. Apabila ada tanda-tanda infeksi, sebaiknya langsung dikonsultasikan ke dokter kulit. Jangan sekali-kali menggunakan obat yang tidak diresepkan dokter.

3. Kulit mengeras
          Beberapa orang mungkin mengalami pengerasan kulit di daerah yang terkena. Sebenarnya pengerasan kulit ini merupakan masalah kecil tapi bisa saja merepotkan. Pengerasan kulit terkadang dapat menyebabkan keropeng atau bekas luka. Setelah laser hair removal, biasanya akan diberikan pelembab untuk mencegah masalah lebih lanjut.

4. Kemerahan dan iritasi
          Laser hair removal menghapus bulu rambut dari folikel rambut yang ditargetkan. Tubuh akan bereaksi terhadap hal ini, dan banyak orang mengalami kemerahan dan iritasi di daerah yang dirawat. Kulit akan terasa tergelitik atau melunak, dan tampak sedikit membengkak. Gejala-gejala ini biasanya tidak berlangsung lama. Iritasi biasanya mereda dalam beberapa jam setelah perawatan sedangkan kemerahan dan bengkak akan mereda setelah kompres es atau mandi air dingin.

5. Cedera mata
          Prosedur hair removal melibatkan penggunaan laser yang kuat. Ini berarti ada risiko cedera mata yang berpotensi serius, terutama ketika seorang praktisi bekerja pada wajah seseorang. Baik orang yang menerima pengobatan dan praktisi harus mengenakan peralatan pelindung mata untuk membantu mencegah cedera saat prosedur dilakukan.

6. Luka bakar dan lecet
          Meskipun jarang terjadi, ada risiko seseorang mengalami luka bakar dan lecet jika laser hair removal tidak dilakukan dengan benar. Laser hair removal menggunakan laser dengan panas yang tinggi. Seorang praktisi sudah seharusnya melapisi kulit dengan lotion khusus untuk mendinginkan kulit yang membantu mencegah laser membakar kulit.

7. Terbentuknya jaringan parut
          Jika praktisi membuat kesalahan, jaringan parut dapat terjadi. Ini seharusnya tidak menjadi masalah karena sebagian besar praktisi pasti sudah dilatih untuk memenuhi syarat. Jaringan parut juga dapat terbentuk tidak dirawat dengan benar sesudahnya. Daerah yang dirawat harus dijaga agar tetap lembab, terlindung dari matahari, dan diperiksa secara teratur untuk melihat apakah ada tanda-tanda infeksi.




Dan juga Beauty Tips

7 Tips Atasi Mata Lelah
7 Tips Atasi Mata Lelah

Desember 12, 2019

Puasa dapat menyebabkan mata lelah karena kurang tidur. Kamu bisa mengatasinya dengan cara berikut ini. Dijamin ampuh.

Baca lebih banyak

7 Keajaiban Menggunakan Face Oil Secara Rutin
7 Keajaiban Menggunakan Face Oil Secara Rutin

Desember 12, 2019

Face oil tengah digandrungi para wanita, karena memiliki manfaat luar biasa untuk kulit wajah.

Baca lebih banyak

5 Tips Merawat Alis Mata Tetap Sehat dan Tidak Mudah Rontok
5 Tips Merawat Alis Mata Tetap Sehat dan Tidak Mudah Rontok

Desember 12, 2019

Meski terkesan sepele, alis juga perlu dirawat agar tetap sehat dan tidak mudah rontok.

Baca lebih banyak