7 Bahan Dapur yang Bisa Bikin Muka Kinclong

Juni 26, 2019

7 Bahan Dapur yang Bisa Bikin Muka Kinclong

1. Merica
          Merica adalah bumbu dapur yang memiliki cita rasa pedas. Tapi ternyata si rempah yang satu ini punya kandungan zat kalium, zat besi, kalsium, vitamin K, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin E, serat, magnesium, seng, folat, kolin, karbohidrat, protein dan juga mangan. Merica juga dikenal sangat bermanfaat untuk menghilangkan komedo di wajah. Kamu dapat membuat masker merica yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan bubuk merica dengan satu sendok makan yoghurt, aduk hingga rata, kemudian oleskan ke wajah. Tunggu selama sepuluh menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

2. Serai
          Serai ternyata dapat membuat kulit yang terlihat kusam menjadi cerah karena adanya kandungan nerol dan geraniol. Kedua zat ini bertujuan untuk mendetoksifikasi sehingga mampu mengangkat sel kulit mati. Kamu dapat merebus serai yang dapat dijadikan toner, atau rebus serai yang dicampurkan dengan teh untuk membantu menghilangkan jerawat.

3. Gula Merah
          Memiliki rasa yang manis, gula merah juga kaya akan zat besi, kalium, vitamin C, magnesium, dan fosfor. Selain itu gula merah juga kaya akan antioksidan. Untuk wajah, gula merah dapat bermanfaat sebagai pengecil pori-pori. Kamu tinggal mengiris gula merah dan campurkan dengan madu. Oleskan ke wajah dan pijat dengan lembut.

4. Lengkuas
          Bumbu dapur yang mirip jahe dan kunyit ini memiliki kandungan sodium, zat besi, vitamin A, vitamin C, flavonoid, fitonutrien, emodin, beta-sitosterol, quercetin dan galangin. Lengkuas juga mengandung anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat mengurangi resiko peradangan. Kegunaan lengkuas yaitu untuk mengobati jerawat. Kamu dapat memblender lengkuas, kemudian tambahkan air, aduk sampai rata, lalu oleskan ke wajah sebanyak dua atau tiga kali sehari.

5. Asam Jawa
          Biasanya merupakan bumbu wajib yang ada untuk sayur asem, ternyata asam jawa memiliki kandungan vitamin C yang tinggi lho! Asam jawa dapat berkhasiat untuk mencerahkan wajah. Caranya yaitu tinggal mencampurkan madu dan lemon dalam ekstrak asam yang kemudian dijadikan jus. Oleskan secara merata pada kulit wajah dan bilas dengan air setelah 12 menit.

6. Kayu Manis
          Selain wanginya yang enak, kayu manis juga memiliki sifat antibiotik dan antimikroba. Kayu manis membantu melindungi kulit dari iritasi, reaksi alergi, dan infeksi. Untuk mengurangi jerawat, kamu dapat mencampur 5 gram kayu manis bubuk dengan 1 sendok makan air lemon. Oleskan pada bagian yang berjerawat selama 5 menit kemudian bilas dengan air hangat.

7. Bawang Putih
          Bawang putih dapat kamu pakai untuk mengobati jerawat juga lho! Bawang putih kaya akan Vitamin B1, B2, B3, B6, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, folat, dan zinc. Cara mengobati jerawatnya yaitu dengan mengiris bawang putih, lalu tempelkan pada bagian yang berjerawat. Pastikan pisau yang kamu gunakan juga benar-benar higienis agar tidak terjadi transfer bakteri.



Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak