7 Alternatif Sehat Pengganti Nasi Putih

September 27, 2019

7 Alternatif Sehat Pengganti Nasi Putih

          Sedang mempertimbangkan untuk diet sehat? Kamu bisa memulainya dengan mengganti makan nasi putih dengan alternatif sehat lainnya. Mau tahu apa saja yang bisa kamu makan sebagai pengganti nasi putih? Yuk simak!

1. Kembang Kol
          Kembang kol kaya akan vitamin K, yang membantu mencegah pembekuan darah dan pendarahan. Membuat nasi kembang kol juga sangat mudah. Cukup menghancurkan kembang kol dalam food processor selama beberapa menit. Kemudian kamu dapat merebusnya atau menghangatkannya dalam microwave selama tiga menit.

2. Beras Merah
          Mengganti kebiasaan makan nasi putih dengan beras merah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Penelitian menyebutkan bahwa memakan beras merah dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Rebus nasi merah selama sekitar 40-50 menit lalu diamkan selama 10 menit sebelum dikonsumsi.

3. Soba (Buckwheat)
          Soba dapat membantu menurunkan gula darah ketika dimakan sebagai bagian dari diet sehat. Untuk memasak soba, gunakan air dua kali lebih banyak dari volume yang biasanya kamu masak, dan didihkan. Tutup dan masak dengan api kecil selama sekitar 10 menit.

4. Biji Gandum (Quinoa)
          Meskipun teksturnya seperti sereal, quinoa sebenarnya adalah sejenis benih. Quinoa adalah salah satu alternatif terbaik pengganti nasi putih karena mengandung protein, serat, dan zat besi. Untuk memasaknya, bilas quinoa sebelumnya dan kemudian rebus dalam wajan selama sekitar 15 menit atau sampai tekstur berubah menjadi ringan dan halus.

5. Jelai (Barley)
          Mengganti makan nasi putih dengan barley dapat menurunkan kadar kolesterol. Manfaat lainnya yaitu dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan bahkan masalah kardiovaskular. Barley membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak daripada biji-bijian lainnya. Kamu perlu merebusnya selama 40-50 menit dan biarkan dingin sebelum dimakan.

6. Biji Bayam (Amaranth)
          Biji bayam merupakan pengganti nasi putih yang sehat karena mengandung lebih banyak serat. Untuk mengonsumsinya, rebuslah air dan biji bayam dengan perbandingan yang sama. Masak selama 15-20 menit kemudian tunggu sampai suhunya menjadi lebih rendah sebelum dimakan.

7. Sereal Gandum (Bulgur)
          Bulgur adalah sebuah jenis gandum gurih kering dan kaya akan antioksidan. Untuk memasaknya, gunakan air dua kali lebih banyak saat memasak. Didihkan air dan masaklah selama 15 menit.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak