6 Tips Mencegah Kulit Tidak Merata

September 09, 2019

6 Tips Mencegah Kulit Tidak Merata

Warna kulit belang atau tidak merata menjadi salah satu masalah kulit yang sering dihadapi sebagian wanita. Kulit menjadi gelap di bagian tertentu atau dalam istilah medisnya disebut melasma atau hiperpigmentasi. Biasanya area wajah yang mengalami kulit tidak merata bagian pipi, dahi, dan dagu. Warna kulit belang ini biasanya disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya, paparan sinar matahari, polusi, radikal bebas, hormonal, hingga faktor usia. Untuk menghindari atau mencegah kulit belang alias tidak merata, kamu perlu melakukan sejumlah tips berikut:

1. Menjaga kelembapan kulit

Untuk memiliki kulit sehat artinya harus menjaga kelembapan kulit. Kelembapan kulit biasa semakin berkurang akibat usia. Kulit mudah mengalami hiperpigmentasi. Menurut dermatolog dari Australasian College of Dermatologist (ACD) John Frew, sinar matahari secara kronis menyebabkan kerusakan pada permukaan kulit sehingga orang yang sering terpapar sinar matahari perlu melembapkan kulit. Kamu bisa menggunakan pelembab dan minum air putih untuk menjaga kelembapan alami kulit dari dalam.

2. Sunscreen

Paparan sinar matahari menjadi penyebab utama warna kulit tidak merata. Kamu perlu menggunakan sunscreen secara rutin untuk mencegah kulit tidak merata. Jika kulit terpapar sinar matahari meski hanya sebentar saja bisa memperburuk pigmentasi di wajah. Ultraviolet menstimulasi hormon untuk memproduksi melanin. Melanin yang terdapat di bawah lapisan epidermis akan menimbulkan flek hitam. Pilihlah sunscreen dengan SPF sesuai dengan kebutuhan kulit. SPF menentukan durasi kemampuan sunscreen melindungi kulit dari sinar matahari. Gunakan sunscreen dengan cara pemakaian berulang setiap dua sampai tiga jam agar kulit terlindungi dari sinar matahari.

3. Eksfoliasi

Mengeksfoliasi kulit dapat mengatasi warna kulit tidak merata. Membuang kulit mati yang menyumbat pori-pori membantu serum dan pelembab terserap dengan baik sehingga perlindungan kulit menjadi maksimal. Kamu bisa membuat scrub di rumah dengan bahan campuran susu dan baking soda, lemon dan gula, atau madu dan oatmeal.

4. Perhatikan kandungan produk kecantikan

Kandungan produk tentu sangat memengaruhi kondisi kulit serta kerentanan kulit terhadap pigmentasi. Gunakan produk dengan kandungan arang aktif atau actived charcoal untuk menyerap dan membuang kotoran akibat polusi serta radikal bebas. Kandungan produk yang bisa kamu gunakan adalah niacinamide, zinc glycinate, oligopeptides untuk mengontrol produksi melanin, serta retinol untuk merangsang kolagen.

5. Konsumsi makanan kaya antioksidan

Antioksidan berfungsi mengurangi kerutan, mencegah risiko peradangan wajah, serta melindungi kulit dari radikal bebas. Sejak dini, konsumsilah makanan kaya antioksidan seperti coklat hitam, kismis, kurma, jeruk, anggur, dan beri-berian untuk pencegahan dari dalam.

6. Olahraga

Menurut dermatolog Ellen Marmur, olahraga memang tak bekerja langsung menyingkirkan bahaya radikal bebas pada kulit. Namun, dengan melancarkan sirkulasi darah maka dapat membantu membuang sisa sel kulit mati yang akhirnya dapat mencegah dan mengatasi pigmentasi kulit.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak