6 Olahraga yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

September 16, 2019

6 Olahraga yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

          Penderita diabetes memerlukan olahraga yang dapat membantu menjaga kadar gula darah. Karena biasanya penderita diabetes berusia di atas 40 tahun, dibutuhkan olahraga yang ringan namun efektif. Ada 6 jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh penderita diabetes setidaknya 2-3 kali dalam satu minggu. Pastikan juga untuk memeriksakan diri ke dokter sebelum memulai olahraga jenis apapun, dan lakukan secara perlahan pada awalnya. Seiring waktu, kamu dapat meningkatkan durasi dan intensitas olahraga.

1. Yoga
          Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa olahraga yoga dapat menguntungkan penderita diabetes dalam beberapa cara. Yoga dapat membantu menurunkan lemak tubuh, melawan resistensi insulin, dan meningkatkan fungsi saraf. Yoga juga merupakan peredam stres yang dialami penderita diabetes. Ketika tingkat stres semakin tinggi, kadar gula darah juga akan ikut naik. Olahraga yoga membantu mengurangi gejala depresi pada orang dewasa yang mengalami diabetes tipe 2.

2. Berjalan
          Olahraga ini paling mudah dilakukan karena kamu hanya membutuhkan sepatu yang nyaman selama berjalan. Jalan cepat yang meningkatkan denyut jantung adalah salah satu latihan aerobik yang bisa dilakukan penderita diabetes. Lakukan olahraga berjalan setidaknya 3 hari seminggu dengan total 150 menit.

3. Renang
          Berenang adalah olahraga ideal untuk penderita diabetes tipe 2 karena tidak menekan sendi. Perasaan menenangkan saat terangkat oleh air dapat mengatasi stres. Berenang juga merupakan olahraga yang lebih ringan bagi kaki daripada bentuk olahraga lainnya, seperti berjalan atau jogging. Penderita diabetes harus menghindari cedera kaki, bahkan luka kecil atau lecet, karena mereka bisa lambat untuk sembuh dan rentan terhadap infeksi. Gunakan sepatu khusus yang dibuat untuk digunakan di kolam renang dapat membantu mencegah kaki tergores dan mengurangi risiko tergelincir.

4. Latihan Beban
          Latihan beban mampu membangun massa otot yang penting bagi mereka penderita diabetes tipe 2. Jika kamu kehilangan massa otot, akan lebih sulit mempertahankan gula darah. Lakukan latihan beban setidaknya dua kali seminggu. Setiap sesinya harus mencakup 5 hingga 10 jenis pengangkatan beban berbeda yang melibatkan kelompok otot utama. Untuk mendapatkan kekuatan optimal, lakukan hingga tiga hingga empat set setiap latihan, dengan masing-masing set terdiri dari 10 hingga 15 repetisi.

5. Tai Chi
          Tai chi merupakan olahraga dengan gerakan lambat dan santai yang telah dipraktekkan selama berabad-abad. Tai chi sangat ideal untuk penderita diabetes karena memberikan kebugaran dan mengurangi stres. Tai chi juga meningkatkan keseimbangan dan dapat mengurangi kerusakan saraf (komplikasi diabetes yang umum).

6. Bersepeda Statis
          Bersepeda juga merupakan bentuk latihan aerobik yang membuat jantung lebih kuat dan paru-paru berfungsi lebih baik. Sepeda statis sangat ideal bagi penderita diabetes karena dapat dilakukan di dalam ruangan, tidak peduli cuaca apa pun. Bersepeda akan meningkatkan aliran darah ke kaki dan membakar banyak kalori untuk menjaga berat badan pada tingkat yang sehat.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak