6 Manfaat Sandalwood untuk Kulit Makin Cantik

Oktober 17, 2019

6 Manfaat Sandalwood untuk Kulit Makin Cantik

Masalah kulit disebabkan oleh sejumlah faktor, misalnya polusi, lingkungan, stres, kurang tidur, dan lainnya. Untuk mengatasinya, kamu butuh makanan sehat, minum air putih yang cukup, tidur cukup, hingga memperbaiki kebiasaan buruk. Namun, itu saja tidak cukup. Kamu juga butuh perawatan eksternal untuk mengatasi masalah kulit, salah satunya dengan produk skincare berbahan sandalwood atau kayu cendana.

Bahan alami yang berasal dari India ini dikenal sebagai bahan alami kuno dalam perawatan ayuverda. Sejak masa India kuno, biasanya sandalwood diolah menjadi bubuk, pasta, atau disuling menjadi minyak essensial. Bahan alami ini memiliki kandungan anti-bakteri, emollen alami, dan anti inflamasi yang kuat. Ada sejuta manfaat untuk kulitmu jika menggunakan skincare berbahan sandalwood.

1. Meningkatkan kelembapan kulit

Memiliki kandungan emollient yang dapat mengatasi masalah kulit kering. Kandungan minyak alaminya dapat menyerap dengan sempurna sehingga bantu melembabkan kulit dari dalam. Yang perlu diperhatikan, jangan campurkan sandalwood oil dengan minyak essensial lain seperti lavender atau bergamot karena bisa membuat kulit iritasi.

2. Atasi jerawat hingga milia

Sandalwood memiliki kandungan anti bakteri dengan sifat antiseptiknya yang baik untuk mengatasi bakteri penyebab jerawat dan cepat mengeringkan jerawat. Serum atau lotion yang terbuat dari serbuk sandalwood yang dicampur dengan bubuk kunyit dapat digunakan untuk mengatasi komedo bahkan milia. Gunakan sandalwood pada bagian wajah yang bermasalah.

3. Mencegah penuaan

Sandalwood memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif pada kulit yang menjadi penyebab munculnya berbagai masalah penuaan.

4. Mencerahkan kulit

Di negara Asia, bubuk kayu cendana menjadi masker untuk mencerahkan dan merawatan warna kulit. Serta, sebagai bahan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kotoran pada kulit hingga pori-pori.

5. Menenangkan kulit yang iritasi

Sandalwood memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengatasi masalah kulit, seperti eczema, dermatitis, dan psoriasis. Bahannya juga memiliki sifat astringent yang dapat menenangkan kulit iritasi, sunburn, dan mengembalikan warna kulit yang gosong akibat terbakar sinar matahari.

6. Menyamarkan pori-pori

Tampilan pori-pori yang besar menjadi salah satu tanda menurunnya elastisitas kulit. Untuk mengecilkan pori-pori, gunakan skincare berbahan sandalwood atau manfaatkan bubuknya dicampur dengan minyak essensial atau air mawar sebagai masker wajah.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak