6 Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut dan Kulit

November 28, 2019

6 Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut dan Kulit

          Minyak kemiri telah dimanfaatkan selama berabad-abad oleh orang Hawaii. Kemiri atau bernama ilmiah Aleurites moluccans adalah minyak yang memiliki banyak nutrisi seperti asam lemak, mineral, vitamin dan antioksidan alami. Namun kamu tidak bisa mengonsumsi kemiri secara langsung karena beracun. Untuk memanfaatkannya, kamu bisa memasaknya atau dijadikan minyak. Minyak kemiri sendiri memiliki kandungan potasium, sodium, fosfor, kalsium, magnesium, seng, zat besi, tembaga, cadmium, tiamin (vitamin B1) dan Niacin (vitamin B3). Berikut ini adalah manfaat minyak kemiri untuk rambut dan kulit:

  • Melawan Bakteri

          Kemiri memiliki sifat anti mikroba yang dapat melawan bakteri dan jamur atau Staphylococcus aureus. Selain itu, kemiri juga mempercepat proses penyembuhan luka sekaligus mencegah bakteri menyebar. Minyak kemiri mampu melawan infeksi kulit jamur seperti gatal-gatal, jamur kuku dan ketombe.

  • Menjadikan Kulit Sehat dan Bercahaya

          Minyak kemiri memiliki manfaat membuat kulit menjadi lebih halus dan sehat. Tidak seperti banyak minyak lainnya, minyak kemiri tidak membuat kulit menjadi berminyak. Minyak kemiri kaya akan vitamin A, C, dan E yang melindungi kulit dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain itu minyak kemiri juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

  • Mencegah Kulit Terbakar

          Minyak kemiri adalah salah satu minyak yang mudah diserap ke dalam kulit, bahkan ke lapisan terdalam. Minyak kemiri dapat melindungi kulit sehingga terhindar dari kerusakan akibat sinar matahari dan jenis kerusakan lingkungan lainnya. Dengan memakai minyak kemiri, kamu tidak perlu khawatir kulit menjadi terbakar atau pecah-pecah saat kamu tersengat sinar matahari.

  • Mengobati Luka

          Salah satu manfaat kesehatan dari minyak kemiri adalah untuk mengobati luka ringan, luka bakar, dan bekas gigitan serangga. Ekstrak dari kemiri dapat membuat penyembuhan luka lebih cepat dan juga meningkatkan produksi kolagen.

  • Mengobati Kondisi Kulit Kronis

          Minyak kemiri dapat mengobati beberapa kondisi kronis pada kulit seperti psoriasis, eksim dan jerawat. Minyak ini kaya akan asam linolenat dan asam lemak omega-3. Omega-3 dipercaya dapat mengurangi peradangan pada kulit sementara asam lemak lainnya berperan sebagai pelembab.

  • Membuat Rambut Lebih Sehat

          Minyak kemiri paling terkenal dengan manfaatnya yang membuat rambut lebih sehat. Minyak kemiri merupakan solusi yang mudah untuk memperbaiki rambut yang rusak karena kering atau akibat terpapar sinar matahari. Asam lemak dan asam amino dari minyak kemiri akan menembus ke batang rambut sehingga dapat melembabkan, menutrisi dan menyehatkan rambut. Nutrisi ini membuat minyak kemiri sering dijadikan vitamin rambut untuk mengatasi kulit kepala kering, ketombe dan gatal. Rambut menjadi tumbuh lebih sehat dan berkilau.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak