6 Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit

Juli 30, 2019

6 Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit

Bukan cerita baru madu bermanfaat untuk kecantikan. Madu mengandung antimikroba, antioksidan, dan memberi efek menenangkan untuk kulit. Kandungan antioksidannya mampu melawan radikal bebas yang berbahaya untuk kulit karena menyebabkan kulit kusam, penuaan dini, hingga terjadinya kanker. Oleh karenanya, madu banyak digunakan sebagai bahan utama untuk skincare. Hasil yang bisa kamu rasakan jika mengonsumsi skincare dengan madu adalah sebagai berikut:

1. Melembabkan kulit wajah

Madu dapat melembabkan wajah karena kandungan senyawa humektan yang mampu merawat kulit kering dan berminyak. Madu juga memiliki zat pemanis yang dapat membantu mempertahankan elastisitas kulit. Kamu bisa mengoleskan madu ke seluruh wajah selama 5-10 menit kemudian cuci dengan air hangat.

2. Cegah penuaan dini

Berkat kandungan vitamin, mineral, asam amino, dan anti oksidan, madu dapat mencegah penuaan dini. Kamu bisa menjadikan madu alami sebagai masker. Gunakan selama 15-30 menit setiap hari untuk hasil maksimal. Kamu juga bisa mencampurkan madu dengan susu, diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat.

3. Mengatasi jerawat

Zat anti inflamasi dan anti bakteri madu mampu meredakan peradangan serta pembengkakan jerawat. Menggunakan madu sebagai masker semalaman bisa meredakan peradangan.

4. Melindungi kulit

Madu merupakan bahan anti oksidan yang mampu melindungi organ internal dari kerusakan stres oksidatif. Yaitu, jumlah radikal bebas dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Madu juga efektif sebagai pelindung kulit dari sinar matahari.

5. Eksfoliasi

Madu bisa menjadi bahan eksfoliasi yang ampuh mengangkat sel kulit mati di wajah berkat kandungan enzim. Untuk hasil maksimal, kamu bisa mencampurkan madu dan oat sebagai masker untuk kulit kering. Untuk kulit berminyak, campurkan madu dengan tepung.

6. Menyembuhkan luka

Menurut penelitian, ada susunan kimiawi pada madu terutama gula yang memiliki osmolalitas tinggi yang membuat mikroorganisme (bakteri, virus, jamur, dan ragi) tidak bisa berkembang. Zat pemanis madu juga dapat memproduksi hydrogen peroksida ketika bersentuhan dengan luka. Ini memberi manfaat anti bakteri ke area ulserasi sehingga mempercepat penyembuhan.

Untuk mendapatkan wajah cantik dengan madu, kamu bisa melakukan sejumlah perawatan rutin ini di rumah:

  • Madu untuk kulit lebih bersih dengan mencampurkannya dengan tomat. Diamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air bersih.
  • Oleskan madu ke wajah untuk menjaga kulit tetap lembut sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu.
  • Mencerahkan wajah dengan madu, caranya campurkan tiga sendok air mawar dengan ¼ cangkir madu. Oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit. Lalu, bilas dengan air dingin.



Dan juga Beauty Tips

Cara Terbaik Dapatkan Kulit Flawless Menggunakan Cleansing Brush
Cara Terbaik Dapatkan Kulit Flawless Menggunakan Cleansing Brush

September 23, 2019

Baca lebih banyak

Manfaat Konsumsi Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Konsumsi Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

September 23, 2019

Kedelai merupakan adalah salah satu makanan dengan protein yang tinggi dan harganya sangat murah. Seringkali kedelai dijadikan bahan makanan seperti

Baca lebih banyak

Jerawat di Kulit Kepala? Ini Penyebabnya!
Jerawat di Kulit Kepala? Ini Penyebabnya!

September 23, 2019

Jerawat tidak hanya muncul di wajah, tapi juga dapat muncul di kulit kepalamu lho! Timbulnya jerawat terjadi ketika pori-pori atau folikel rambut

Baca lebih banyak