6 Manfaat Kesehatan dari Jamur Enoki

November 15, 2019

6 Manfaat Kesehatan dari Jamur Enoki

          Jamur enoki adalah salah satu spesies jamur yang berwarna putih, berukuran panjang dan berbentuk tipis. Jamur enoki memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung banyak vitamin, mineral, dan komponen lainnya. Beberapa vitamin yang ada di dalam jamur enoki adalah vitamin D, folat, pyridoxine, asam pantothenic, thiamin, riboflavin dan niacin. Jamur enoki juga mengandung serat makanan, natrium dan kalium, yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Selain itu, jamur enoki mengandung mineral seperti kalsium, mangan, tembaga, seng, selenium, fosfor, magnesium dan zat besi. Bagian terbaik dari jamur enoki adalah ia mengandung nol kolesterol.

  • Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

          Mengonsumsi jamur enoki secara teratur dapat melancarkan pencernaan. Jamur enoki bersifat anti bakteri, anti virus dan anti mikroba yang melindungi organ pencernaan dari bakteri sekaligus membunuh bakteri jahat di dalam perut. Karena merupakan serta yang baik, jamur enoki sangat bagus untuk meningkatkan proses pencernaan.

  • Menurunkan Tekanan Darah

          Jamur enoki mengandung kalium dalam jumlah tinggi, yang membantu mengurangi tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Kalium bertindak sebagai vasodilator, yang berarti mengurangi ketegangan dari pembuluh darah dan memberikan aliran darah yang lancar melalui arteri. Ini berarti jamur enoki membantu menurunkan tekanan darah tubuh dan mencegah berbagai jenis masalah terkait kardiovaskular seperti hipertensi.

  • Mencegah Risiko Diabetes

          Serat yang tinggi dalam jamur enoki bermanfaat untuk mencegah berbagai jenis penyakit seperti diabetes tipe 2. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi makanan kaya serat seperti jamur enoki membantu meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Efeknya yaitu membantu tubuh memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah yang membantu mengurangi risiko diabetes pada tubuh.

  • Memperkuat Kekebalan

          Asam amino valin, lisin, dan ergothioneine dalam jamur enoki memperkuat kekebalan tubuh. Jamur enoki telah digunakan dalam pengobatan Cina dan Jepang tradisional sejak lama seperti tonik untuk infeksi hati, mengurangi kadar kolesterol, mengobati penyakit perut, dan menurunkan tingkat hipertensi. Jamur enoki juga dapat membantu meningkatkan tingkat zat besi dalam tubuh kita yang mengurangi risiko anemia.

  • Cegah Alergi

          Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi jamur enoki secara teratur sangat membantu dalam mencegah asma, rinitis, dermatitis, dan juga reaksi alergi lainnya.

  • Cegah Kanker dan Tumor

          Karena banyaknya antioksidan yang ditemukan dalam jamur enoki, sangat bermanfaat bagi kesehatan kita secara keseluruhan dan juga membantu mencegah berbagai jenis kanker. Antioksidan membantu dalam memerangi radikal bebas dan mencegahnya sel-sel sehat dalam tubuh menjadi rusak. Radikal bebas adalah penyebab utama berbagai jenis kanker, seperti kanker usus besar, kanker prostat, dll.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak