6 Makanan yang Tanpa Kamu Sadari Membuat Perut Kembung

Oktober 23, 2019

6 Makanan yang Tanpa Kamu Sadari Membuat Perut Kembung

          Makan sedikit namun tiba-tiba perut menjadi lebih kembung? Ini mungkin menjadi pertanyaan besar bagi sebagian orang. Penyebabnya bisa menjadi makanan kesukaanmu yang tanpa kamu sadari sebenarnya membuat perut menjadi kembung. Apa saja makanan tersebut? Mari kita bahas satu persatu!

1. Permen Karet Bebas Gula
          Meskipun kecil, ternyata permen karet bebas gula menyebabkan perut menjadi kembung. Alasannya yaitu karena kandungan gula alkohol dalam permen karet yang merupakan bentuk karbohidrat dan tidak dicerna dengan baik. Gula alkohol bertemu bakteri dalam saluran usus yang memfermentasi dan melepaskan gas sehingga menyebabkan kembung. Contoh dari gula alkohol adalah xylitol, mannitol, sorbitol, maltitol, dan erythritol.

2. Air Soda
          Walaupun hadir tanpa pemanis, air soda mengandung gas berkarbonasi yang dapat membuat perut menjadi kembung. Gelembung dalam soda meletup dalam tubuh sehingga membuat gas menjadi terkumpul dan membuat perut kembung.

3. Bawang Putih
          Bawang putih adalah salah satu makanan yang sulit diserap tubuh. Karena penyerapannya buruk, bawang putih akan menarik air ke dalam usus dan difermentasi oleh bakteri sehingga menyebabkan berkumpulnya gas di dalam usus.

4. Acar
          Acar merupakan makanan yang difermentasi dan terkadang bakteri dalam makanan ini mengganggu perut dan menyebabkan kembung. Kadar natrium yang tinggi dalam acar juga dapat menyebabkan penumpukan air di tubuh sehingga berakibat perut menjadi kembung.

5. Kopi
          Kopi hitam dapat memicu perut menjadi kembung. Kopi bersifat asam, dan jika kamu termasuk orang yang memiliki perut sensitif, kopi dapat menyebabkan iritasi kembung. Apalagi jika kamu menambahkan gula atau pemanis buatan maka efeknya bisa menjadi lebih buruk.

6. Makanan Kaleng
          Makanan kaleng seringkali dikemas dengan jumlah gula dan garam yang tinggi untuk mengawetkan makanan dan menambah rasa. Tingginya kadar gula dan garam dalam tubuh akan membuat perut menjadi kembung. Selain itu, makanan kaleng juga mengandung banyak cairan yang membuat perut semakin kembung. Cara terbaik untuk menanggulanginya adalah membeli makanan kaleng rendah sodium atau membilas makanan kaleng dengan air mengalir sebelum dikonsumsi.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak