6 Makanan Terbaik untuk Paru-Paru yang Sehat!

November 25, 2019

6 Makanan Terbaik untuk Paru-Paru yang Sehat!

          Memang menangkal kanker paru-paru yaitu dengan menjauhi rokok, namun apakah itu sudah cukup? Menjaga kesehatan paru-paru terutama kamu yang memiliki penyakit asma sangatlah penting. Tetapi rasanya menjaga paru-paru tetap sehat menjadi cukup sulit jika kita tidak memulainya dari apa yang kita konsumsi. Agar paru-paru tetap sehat, yuk makan 6 makanan terbaik ini!

  • Cabai: Cabai mengandung capsaicin (zat yang memberikan rasa pedas pada cabai) yang melindungi selaput lendir di paru-paru dengan merangsang sekresi yang sehat. Capsaicin dapat membantu kesehatan saluran pernapasan bagian atas dan bawah.
  • Jahe: Jahe adalah pereda hidung tersumbat alami yang membantu membersihkan saluran udara yang tersumbat dan meningkatkan sirkulasi di paru-paru. Kamu dapat mengonsumsinya dengan meminum teh jahe atau memanggang jahe segar kemudian dicampurkan dalam masakan.
  • Bawang putih: Bawang putih bersifat anti-inflamasi dan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih mentah dapat membantu mengurangi risiko kanker paru-paru.
  • Sayuran hijau: Untuk melindungi paru-paru dari peradangan dan infeksi, sayuran hijau yang bersifat anti-inflamasi wajib untuk dikonsumsi. Kamu dapat memakan bayam, kangkung dan sayuran hijau lainnya. Klorofil dalam sayuran hijau akan mendukung aliran darah ke paru-paru. Sayuran hijau juga mengandung karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin yang bertindak sebagai antioksidan untuk menghilangkan efek radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan paru-paru.
  • Apel dan tomat: Apel dan tomat memiliki kemampuan membantu memperlambat penurunan fungsi paru-paru secara alami. Penelitian menunjukkan bahwa kedua makanan ini berperan dalam membantu memperbaiki paru-paru mantan perokok. Apel dan tomat mengandung antioksidan tingkat tinggi, yang mungkin bisa melindungi paru-paru dari efek berbahaya asap rokok.
  • Teh hijau: Teh hijau sangat bagus bagi paru-paru karena tinggi antioksidan. Antioksidan bernama quercetin bekerja dengan mengurangi peradangan dan melindungi paru-paru dari iritasi. Teh hijau juga memiliki antioksidan tinggi bernama flavanol yang dapat mencegah efek radikal bebas.

 




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak