6 Makanan Pahit yang Sebenarnya Baik Bagi Kesehatan

Oktober 22, 2019

6 Makanan Pahit yang Sebenarnya Baik Bagi Kesehatan

          Makanan pahit memang seringkali dihindari karena tidak terasa nikmat di lidah. Apalagi bagi anak kecil, biasanya sulit untuk membuat mereka mau makan makanan yang pahit. Padahal sebenarnya makanan pahit sangat bergizi dan mengandung banyak zat yang penting bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat makan makanan pahit yaitu mengurangi risiko penyakit kanker, jantung, diabetes, serta menjaga kesehatan mata, usus dan organ hati. Berikut ini adalah makanan pahit yang sebenarnya baik bagi kesehatan:

1. Cranberry
          Cranberry adalah buah berwarna merah pahit yang dapat dinikmati secara mentah, dimasak, dikeringkan atau dijus. Cranberry mengandung jenis polifenol proanthocyanidins tipe-A yang dapat mencegah bakteri menempel pada jaringan tubuh. Manfaat dari polifenol ini yaitu mengurangi kerusakan gigi akibat bakteri, menurunkan risiko infeksi H. pylori di perut dan bahkan mencegah infeksi E. coli di usus serta saluran kemih. Mengonsumsi cranberry secara teratur dapat menjaga kesehatan jantung, mengontrol gula darah dan tekanan darah lebih baik.

2. Kulit Jeruk
          Buah jeruk memiliki rasa yang manis atau asam, namun tidak seperti buahnya, kulit jeruk memiliki rasa yang pahit. Rasa pahit ini disebabkan oleh adanya flavonoid, yang melindungi buah dari dimakan oleh hama tetapi memiliki banyak manfaat kesehatan. Faktanya, kulit jeruk mengandung konsentrasi flavonoid yang lebih tinggi daripada bagian buah lainnya. Dua flavonoid jeruk bernama hesperidin dan naringin merupakan antioksidan yang kuat. Kandungan flavonoid dalam jeruk dapat membantu melawan kanker dengan mengurangi peradangan, meningkatkan detoksifikasi, memperlambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

3. Sayuran Silangan
          Brokoli, kubis, kangkung, lobak dan sayuran lainnya merupakan sayuran yang memiliki rasa pahit namun baik untuk kesehatan. Semua sayuran ini mengandung senyawa glukosinolat. Penelitian menunjukkan bahwa glukosinolat dapat memperlambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Selain itu glukosinolat dalam sayuran silangan membantu enzim hati memproses racun lebih efektif, mengurangi dampak negatifnya pada tubuh.

4. Teh Hijau
          Teh hijau memiliki rasa pahit karena mengandung katekin dan polifenol. Kedua zat ini dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker, mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit jantung. Faktanya, ketika minum hanya satu cangkir teh hijau setiap hari menurunkan risiko serangan jantung hampir 20%.

5. Kakao
          Bubuk kakao dibuat dari biji tanaman kakao dan rasanya sangat pahit saat tanpa pemanis. Kakao sering dicampur dengan gula untuk membuat cokelat. Penelitian telah menemukan bahwa orang yang makan kakao setidaknya lima kali per minggu memiliki risiko penyakit jantung 56% lebih rendah, dibandingkan dengan mereka yang tidak makan kakao sama sekali. Ini kemungkinan karena polifenol dan antioksidan yang ditemukan dalam kakao, yang dapat memperlebar pembuluh darah dan mengurangi peradangan sehingga berguna untuk melindungi jantung. Kakao juga dapat melengkapi kebutuhan mineral tubuh karena merupakan sumber zat tembaga, mangan, magnesium, dan besi.

6. Kopi
          Kopi merupakan salah satu minuman yang pahit namun memiliki zat polifenol. Salah satu polifenol yang paling melimpah dalam kopi adalah asam klorogenat, antioksidan kuat yang bermanfaat mengurangi kerusakan oksidatif, menurunkan risiko penyakit jantung dan menurunkan tingkat diabetes. Studi menunjukkan bahwa minum 3-4 cangkir kopi per hari dapat mengurangi risiko kematian, kanker dan penyakit jantung masing-masing sebesar 17%, 15% dan 18%, dibandingkan dengan tidak minum kopi sama sekali.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak