6 Kesalahan Saat Olahraga yang Bikin Berat Badan Tak Kunjung Turun

November 11, 2019

6 Kesalahan Saat Olahraga yang Bikin Berat Badan Tak Kunjung Turun

          Cara paling tepat untuk menurunkan berat badan yaitu dengan melakukan olahraga. Tetapi anehnya seberapa sering atau rutin kita berolahraga, berat badan tak kunjung turun. Bukannya mengurangi, berat badan malah tak berkurang sedikitpun malah cenderung bertambah! Tak hanya membuat frustasi, ternyata tanpa kamu sadari, kamu sudah melakukan berbagai kesalahan seperti hal-hal berikut ini:

1. Makan Lebih Banyak karena Berolahraga
          Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan setelah berolahraga yaitu makan lebih banyak. Orang cenderung makan lebih banyak untuk menggantikan energi yang terbuang setelah berolahraga, padahal kebiasaan ini sangat salah. Seorang wanita rata-rata membakar sekitar 450 kalori berjalan 1,6 km dalam 10 menit. Padahal makanan penutup rata-rata memiliki 1.000 kalori. Belum lagi camilan atau minuman manis lainnya yang juga memiliki kalori tinggi. Setelah berolahraga, jaga asupan berapa kalori yang masuk agar kamu tidak sia-sia membakar kalori dengan olahraga.

2. Terlalu Fokus Pada Olahraga Angkat Beban
          Olahraga angkat beban akan meningkatkan massa otot mu sehingga kamu menjadi lebih berat di bagian otot. Kamu bisa melakukan kardio sebagai gantinya seperti berlari, menaiki tangga, dan latihan kardio lainnya untuk membakar kalori. Latihan kardio juga akan membantu menjaga jantung sehat dan otot yang lebih  fleksibel. Jangan lupa untuk melakukan peregangan setelah berolahraga untuk melemaskan otot-otot yang tegang.

3. Tidak Minum Air Saat Berolahraga
          Minum air putih saat berolahraga sangat penting bukan hanya untuk menghindari kram. Otot akan pulih lebih cepat jika tubuh terhidrasi dengan baik. Jika kamu tidak suka minum air putih, kamu bisa meminum air kelapa yang mengandung banyak potasium.

4. Tidak Berolahraga Kecuali Jika Berada di Gym
          Duduk sepanjang hari dan kemudian berlari selama 20 menit di atas treadmill tidak akan membuat berat badanmu turun. Penting untuk menjaga tubuh bergerak sepanjang hari. Jangan gunakan bekerja di kantor sebagai alasan. Selalu atur waktu untuk bergerak seperti berjalan ke kantor, naik tangga selama istirahat makan siang, meregangkan tubuh setiap jam dan lainnya.

5. Terlalu Banyak Minum Minuman Berenergi
          Minuman berenergi memiliki kandungan gula yang banyak. Mengonsumsi terlalu banyak kalori dalam bentuk cairan sebelum dan sesudah berolahraga memang dapat menggantikan energi yang kamu bakar. Namun tak ada hasilnya sama sekali. Pilihan terbaik adalah minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama berolahraga.

6. Tidak Cukup Tidur
          Saat kita tidur, tubuh mengaktifkan beberapa hormon, termasuk ghrelin yang memengaruhi hasrat yang membuat nafsu makan lebih banyak dan menambah berat badan. Sebenarnya kamu tidak kehilangan berat badan selama berolahraga, namun selama tubuh sedang istirahat. Karena itulah penting bagi tubuh untuk mendapatkan cukup tidur setidaknya 8 jam sehari.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak