6 Kebiasaan Buruk yang Merusak Mata

Oktober 24, 2019

6 Kebiasaan Buruk yang Merusak Mata

          Mata adalah salah satu organ yang penting bagi tubuh dan termasuk dalam panca indra. Organ mata dapat bertahan hingga kita tua, namun juga bisa rusak meski masih usia muda. Merawat mata sebenarnya mudah yaitu menjaga kebiasaan-kebiasaan yang menyehatkan mata seperti makan makanan bergizi. Tetapi kamu juga perlu tahu bahwa ada kebiasaan-kebiasaan buruk yang tanpa kamu sadari sebenarnya merusak mata secara perlahan.

1. Bekerja atau Membaca dalam Ruangan Kurang Pencahayaan
          Banyak orang memiliki kebiasaan membaca saat larut malam atau dalam ruangan yang kurang pencahayaan. Kebiasaan buruk ini akan membuat mata menjadi rusak karena mata akan bekerja lebih keras untuk dapat membaca saat kurang cahaya. Kurangnya cahaya juga dapat membuat mata menjadi kering dan iritasi.

2. Menatap Layar Komputer Terlalu Lama
          Kebiasaan yang tanpa kamu sadari ini sering dilakukan terutama bagi pekerja kantoran. Menghabiskan sepanjang hari di depan layar komputer bisa menyebabkan mata kering. Orang-orang yang tidak sering berkedip atau mengistirahatkan matanya selama menatap komputer, matanya menjadi lebih kering. Cobalah untuk mengistirahatkan mata setiap 10-20 menit setelah menatap komputer.

3. Sering Menggosok Mata
          Menggosok mata juga merupakan kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan tergoresnya kornea mata. Menggosok mata secara berlebihan juga membuat bakteri di tangan berpindah ke mata dan membuat mata menjadi semakin gatal. Gunakan obat tetes mata untuk mengatasi mata yang gatal atau coba kompres dengan air dingin dan usahakan untuk tidak menggosok mata.

4. Memakai Contact Lens Semalaman
          Contact lens dipakai untuk menggantikan fungsi kacamata bagi orang yang tidak terbiasa memakai kacamata. Namun, kamu harus berhati-hati saat menggunakan contact lens karena dapat menjadi infeksi jika kamu pakai semalaman. Jika kebiasaan ini terus berlanjut, efeknya bisa lebih buruk yaitu menyebabkan kebutaan.

5. Tidak Cukup Tidur
          Terlepas dari beberapa penyebab turunnya kesehatan seperti depresi, kenaikan berat badan, kelelahan dan menurunnya sistem kekebalan tubuh, tidak cukup tidur juga mempengaruhi penglihatan. Rasa nyeri, penglihatan kabur, dan mata kering adalah beberapa efek buruk yang mungkin kamu alami jika kamu tidak cukup tidur. Aturlah jam tidurmu sedemikian rupa agar tetap mendapatkan tidur 7-8 jam di malam hari.

6. Kurang Minum Air
          Mata yang kering merupakan akibat dari tubuh kurang cairan. Dehidrasi dan kebiasaan makan makanan tinggi sodium akan membuat mata menjadi semakin kering, merah dan kelopak mata bengkak. Disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas air setiap hari untuk menjaga kadar air dalam tubuh tetap seimbang.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak