6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Kulit Berjerawat

Agustus 26, 2019

6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Kulit Berjerawat

Munculnya jerawat di wajah biasanya dipengaruhi sejumlah faktor, mulai dari kurang perawatan, hormon, minyak berlebih, hingga salah pola makan. Untuk mengatasinya, seringkali wanita dan pria menggunakan skincare khusus jerawat hingga perawatan ke klinik kecantikan. Namun, sebenarnya ada hal mudah yang tidak perlu dilakukan saat kulit berjerawat. Beberapa hal yang tidak boleh dilakukan ini bisa meminimalisir peradangan.

1. Hindari facial wajah

Saat berjerawat, hindari perawatan facial wajah karena dapat membuat kulit menjadi iritasi dan jerawat meradang. Cukup gunakan skincare acnes dan harus sabar menunggu hasilnya.

2. Hindari eksfoliasi

Bukan waktu yang tepat jika mengeksfoliasi wajah saat berjerawat. Ini akan memperparah kondisi jerawat. Gesekan scrub dengan kulit berjerawat dapat menyebabkan kerusakan lapisan kulit luar dan meninggalkan bekas luka di wajah. Hindari juga gesekan wajah dengan handuk kasar karena jerawat bisa pecah dan meninggalkan bekas.

3. Hindari produk mengandung alkohol

Menurut dermatolog asal New York Lauren Levy, penggunaan produk beralkohol dalam jangka panjang akan menyebabkan kulit terbakar. Ini disebabkan reaksi kimia antara kulit dan alkohol yang berpotensi menyebabkan nekrosis atau kematian pada lapisan atas kulit. Nekrosis juga bisa menyebabkan iritasi permanen.

4. Jangan tutupi jerawat

Meski kulit berjerawat, usahakan untuk tidak menutupinya baik menggunakan masker, topi, poni rambut, hingga headband. Sebab, dapat menyebabkan panas dan memperparah jerawat akibat gesekan kulit dengan benda yang digunakan. Selain itu, menutup jerawat juga menjebak kotoran dan keringat di pori-pori yang menyebabkan jerawat makin banyak.

5. Jangan pakai makeup

Sebenarnya tidak dilarang menggunakan makeup saat kulit berjerawat. Tetapi, ada baiknya jangan gunakan makeup lebih dulu ketika jerawat sedang parah. Makeup bisa menyumbat pori-pori dan memperparah jerawat. Kandungan bahan kimia pada makeup juga bisa memengaruhi kondisi jerawat. Jika harus pakai makeup, maka gunakan produk yang bebas minyak atau noncomedogenik.

6. Hindari pegang wajah

Saat berjerawat, dilarang untuk menyentuh area wajah apalagi sampai memencetnya dengan sengaja. Dikhawatirkan, tangan sedang kotor sehingga membuat jerawat makin parah. Selain itu, tangan berpotensi mentransfer lebih banyak bakteri ke area jerawat.

 

Produk rekomendasi :




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak