6 Efek Mematikan Akibat Minum Soda Setiap Hari

Oktober 17, 2019

6 Efek Mematikan Akibat Minum Soda Setiap Hari

          Air berkarbonasi ini seringkali dipilih karena rasanya yang nikmat dan menyegarkan. Semakin banyak orang yang memilih meminum soda dibandingkan meminum air mineral setiap hari. Meminum soda sesekali tidak selalu menyebabkan risiko kesehatan, namun minum soda setiap hari yang menjadi masalahnya. Apabila kamu termasuk orang yang suka mengonsumsi minuman soda, sebaiknya kamu mulai menghentikannya karena dapat menimbulkan efek yang mematikan.

1. Gigi Keropos
          Minuman soda atau soda diet secara teratur dapat menyebabkan gigi berlubang. Kadar gula yang tinggi dan sirup fruktosa dalam soda menyebabkan enamel gigi terkikis. Hal ini terjadi karena saat meminum soda, gula tercampur dengan bakteri di mulut dan membentuk asam. Asam inilah yang kemudian akan menyerang gigi dan menyebabkan gigi keropos. Hal ini juga berlaku pada soda biasa maupun yang bebas gula.

2. Kekurangan Vitamin
          Studi laboratorium telah menunjukkan bahwa minuman berkarbonasi mengandung asam fosfat, yang dapat menguras kalsium dan mempengaruhi penyerapan vitamin D. Akibatnya tulang menjadi semakin melemah hingga menimbulkan penyakit seperti osteoporosis serta hipertensi.

3. Kecanduan Kafein
          Sadar atau tidak, minuman soda mengandung kafein yang bersifat adiktif. Tingkat kafein yang terkandung dalam soda berkisar antara 40-50 mg per kaleng, hampir sama dengan secangkir kopi. Terlalu banyak minum kafein dapat menimbulkan efek samping seperti batu ginjal. Jika dikonsumsi anak-anak, kafein dapat menyebabkan pola tidur yang terganggu, mengompol dan gelisah.

4. Obesitas
          Soda mengandung gula yang tinggi sehingga kalori yang masuk ke tubuh juga tinggi. Tidak mengherankan bahwa orang yang senang mengonsumsi soda akan menjadi obesitas dalam waktu singkat. Hal ini juga berlaku untuk soda diet atau bebas gula. Penelitian menunjukkan bahwa soda bebas gula mengandung pengganti gula yang memaniskan soda dengan 200 hingga 600 kali lipat manisnya gula. Orang yang minum soda diet mendapatkan hampir tiga kali lipat lemak daripada mereka yang tidak minum soda diet.

5. Kanker
          Hal yang perlu diwaspadai saat mengonsumsi soda adalah asam benzoat. Ketika asam benzoat bersentuhan dengan asam askorbat dan logam seperti besi atau tembaga, pertemuan zat ini membentuk benzena yang dapat menyebabkan kanker. Meskipun kadar benzena yang ditemukan dalam soda telah diuji dan seharusnya tidak menjadi penyebab kanker, banyak perusahaan mungkin tidak memantau kadar tersebut.

6. Penyakit Kronis Lainnya
          Meminum soda setiap hari dapat meningkatkan risiko gangguan kadar gula, tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak