6 Cara Alami untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

November 21, 2019

6 Cara Alami untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

          Kamu harus sangat berhati-hati dengan tekanan darah tinggi. Kondisi tekanan darah tinggi dapat membahayakan jantung bahkan tanpa kita ketahui. Karena itulah tekanan darah tinggi sering dikatakan sebagai pembunuh diam-diam. Tekanan darah tinggi dimiliki hampir oleh sebagian besar orang di dunia. Apalagi kondisi ini tidak menimbulkan gejala yang spesifik dan hanya dengan mudah diketahui melalui tes darah. Meskipun banyak obat yang dapat menurunkan darah tinggi, kamu tentu tidak ingin mengalami efek sampingnya. Tenang saja, ada kok cara alami menurunkan tekanan darah yang dapat kamu praktikkan. Berikut ini adalah 6 cara alami untuk memerangi tekanan darah tinggi.

1. Kurangi Asupan Natrium
          Makanan yang tinggi natrium akan sangat mudah membuat tekanan darah menjadi lebih tinggi. Biasanya makanan tinggi natrium dapat dengan mudah kamu temui dalam makanan olahan dan siap saji. Jika kamu sudah memiliki tekanan darah tinggi, ada baiknya untuk mengurangi asupan natrium. Ganti makanan olahan dengan yang segar dan coba mengganti garam dengan bumbu dan rempah lainnya.

2. Makan Buah Beri
          Buah beri kaya akan antioksidan polifenol yang baik untuk jantung dan menangkal radikal bebas. Sebuah penelitian menunjukkan orang yang makan buah beri selama 8 minggu mengalami peningkatan kesehatan jantung termasuk tekanan darah. Kamu dapat memasukkan buah stroberi, blueberry, raspberry, cranberry, blackberry ke dalam menu camilan sehatmu.

3. Makan Makanan Kaya Kalium
          Kalium adalah mineral penting yang membantu tubuh menyingkirkan natrium dan mengurangi tekanan darah. Makanan yang mengandung kalium tinggi dapat kamu temukan dalam :

  • Sayuran, terutama sayuran berdaun hijau, tomat, kentang dan ubi
  • Buah, termasuk melon, pisang, alpukat, jeruk, dan aprikot
  • Susu dan yogurt
  • Tuna dan salmon
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Kacang polong


4. Kurangi Kafein
          Kamu tentu tahu bahwa kafein dapat menyebabkan tekanan darah menjadi naik dan jantung bekerja lebih cepat. Namun kafein sebenarnya tidak menyebabkan risiko penyakit jantung menjadi lebih tinggi. Kafein mungkin memiliki efek yang berbeda kepada setiap orang, terutama bagi mereka yang mengonsumsi kafein secara teratur. Kafein dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah jangka pendek, meskipun bagi banyak orang itu tidak menyebabkan peningkatan yang bertahan lama. Jika kamu memiliki tekanan darah tinggi, ada baiknya kamu mengurangi asupan kafein.

5. Menurunkan Berat Badan
          Kelebihan berat badan akan membuat jantung harus bekerja lebih ekstra. Menurut sebuah studi 2016, kehilangan 5% dari massa tubuh dapat secara signifikan menurunkan tekanan darah tinggi. Kehilangan berat badan dapat membantu pembuluh darah melakukan ekspansi dan kontraksi yang lebih baik, sehingga memudahkan ventrikel jantung kiri untuk memompa darah. Kamu dapat melakukan olahraga seperti berjalan kaki selama 30 menit sehari saja dapat membantu menurunkan tekanan darah. Semakin banyak kamu berolahraga, semakin kamu membantu tekanan darah menurun.

6. Belajar Mengelola Stres
          Stres adalah pendorong utama tekanan darah tinggi. Ketika mengalami stres, detak jantung menjadi lebih cepat dan pembuluh darah menyempit. Ini juga yang menjadi penyebab serangan jantung yang tiba-tiba. Kamu harus bisa mengelola stres dengan baik misalnya dengan melakukan relaksasi mendengarkan musik, melakukan meditasi, pergi liburan atau mengobrol dengan orang tersayang.




Dan juga Beauty Tips

7 Produk Skincare yang Wajib Dibawa saat Traveling
7 Produk Skincare yang Wajib Dibawa saat Traveling

Desember 06, 2019

Saat traveling, wajah akan mengalami masalah kulit. Oleh karenanya, kamu wajib membawa sejumlah skincare ini saat traveling.

Baca lebih banyak

4 Tips Kecantikan Ampuh yang Belum Kamu Ketahui
4 Tips Kecantikan Ampuh yang Belum Kamu Ketahui

Desember 06, 2019

Ada berbagai macam tips dan trik kecantikan yang tersebar dari berbagai sumber. Dari banyak trik tersebut, ada 4 tips pemakaian bahan yang jarang 

Baca lebih banyak

7 Tanda Kamu Terlalu Banyak Makan Gula
7 Tanda Kamu Terlalu Banyak Makan Gula

Desember 06, 2019

Ladies, kamu termasuk orang yang suka makanan manis? Makanan yang mengandung gula memang enak dan membuat suasana hati menjadi lebih baik

Baca lebih banyak