6 Bumbu Dapur yang Bermanfaat Melancarkan Sirkulasi Darah

Oktober 02, 2019

6 Bumbu Dapur yang Bermanfaat Melancarkan Sirkulasi Darah

          Sirkulasi darah yang buruk merupakan akar dari penyebab masalah kesehatan seperti penyakit diabetes, obesitas, arteri perifer (PAD), dan penyakit Raynaud (berkurangnya aliran darah ke jari tangan, jari kaki, telinga, dan ujung hidung). Berkurangnya aliran darah dapat menyebabkan nyeri, kram otot, mati rasa, masalah pencernaan, dan terasa dingin di bagian tangan atau kaki. Meskipun kamu bisa mengatasinya dengan obat-obatan, alangkah lebih baik apabila kamu menggunakan bahan-bahan alami yang dapat melancarkan sirkulasi darah. Berikut ini adalah 6 bumbu dapur yang bermanfaat melancarkan sirkulasi darah :

1. Kunyit
          Sejak zaman kuno, kunyit telah digunakan sebagai bahan yang dapat membuka pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam kunyit (kurkumin) membantu meningkatkan produksi oksida nitrat, mengurangi stres oksidatif dan mengurangi peradangan.

2. Bawang Putih
          Bawang putih terkenal karena manfaatnya yang melancarkan sirkulasi darah dan menjaga kesehatan jantung. Ini berkat senyawa sulfur dalam bawang putih yang dapat meningkatkan aliran darah serta menurunkan tekanan darah dengan merelaksasi pembuluh darah.

3. Bawang Merah
          Bawang merah adalah sumber antioksidan flavonoid yang sangat baik sehingga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Bawang merah dapat meningkatkan sirkulasi darah dengan membantu arteri dan vena melebar ketika aliran darah meningkat. Bawang merah juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah dan arteri.

4. Jahe
          Selama ribuan tahun, jahe telah dipakai di Cina dan India untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Dalam penelitian pada manusia dan hewan, jahe terbukti berkhasiat mengurangi tekanan darah tinggi.

5. Cabai Rawit
          Cabai rawit memiliki senyawa bernama capsaicin yang memberikan rasa pedas pada cabai. Capsaicin dapat meningkatkan aliran darah ke jaringan dengan menurunkan tekanan darah dan merangsang pelepasan nitrat oksida dan senyawa yang membantu memperluas pembuluh darah. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi cabai rawit dapat meningkatkan kekuatan pembuluh darah dan mengurangi penumpukan plak di arteri.

6. Kayu Manis
          Kayu manis adalah bumbu yang bermanfaat melancarkan sirkulasi darah.
Kayu manis dapat meningkatkan pelebaran pembuluh darah dan aliran darah di arteri koroner, yang memasok darah ke jantung.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak