5 Tips Perawatan Kulit Alergi terhadap Sinar Matahari

Oktober 15, 2019

5 Tips Perawatan Kulit Alergi terhadap Sinar Matahari

Mengalami masalah kulit alergi terhadap sinar matahari sangat tidak menyenangkan. Sebab, membuat kamu kesulitan beraktivitas di luar ruangan. Alergi terhadap sinar matahari menyebabkan gejala kulit ruam, merah, dan gatal-gatal ketika terpapar. Alergi matahari ini terjadi para area yang terbuka. Seperti v-neck, punggung tangan, lengan, dan kaki. Namun, terkadang sistem kekebalan mengenali beberapa komponen kulit yang berubah akibat matahari sehingga tubuh mengaktifkan pertahanan untuk melawan.

Salah satu artis Korea Selatan, Park Shin Hye mengaku memiliki alergi matahari. Dia agak khawatir ketika berkunjung ke Pulau Dewata, Bali. pasalnya, Bali terkenal dengan terik yang lebih panas ketimbang Jakarta. Park Shin Hye pun memiliki solusi tersendiri jika mengalami alergi matahari, misalnya menggunakan serum khusus yang punya efek menenangkan kulit. Serum tersebut dioleskan pada kulit sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Jika kamu memiliki masalah serupa dengan Park Shin Hye, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah gejala alergi matahari kambuh saat beraktivitas di luar ruangan. 

1. Sunscreen

Gunakan sunscreen minimal SPF 30 sebelum ke luar rumah. Pilih sunscreen dengan spektrum yang lebih luas dan mencakup perlindungan sinar ultraviolet A dan B.

2. Hindari jam berbahaya

Batasi waktu ke luar ruangan. Matahari berada di puncaknya pada pukul 11.00-14.00 WIB.

3. Perlindungan terhadap bibir

Tidak hanya kulit yang butuh perlindungan, tapi juga area bibir. Gunakan lip balm dengan kandungan perlindungan terhadap sinar matahari minimal SPF 15. Ulangi setiap dua jam sekali.

4. Aksesori dan busana pelindung

Jangan lupa gunakan kacamata hitam dengan perlindungan ultraviolet. Meski, sudah menggunakan lotion atau sunscreen, perlindungan dari luar juga tetap diperlukan. Gunakan baju dan celana panjang, serta topi pantai.

5. Serum atau lotion after sun

Setelah beraktivitas di bawah sinar matahari, oleskan serum atau lotion yang dikhususkan untuk menenangkan kulit. Produk tersebut biasanya mengandung bahan, seperti chamomile dan lidah buaya untuk mengurangi kemerahan sekaligus menyejukkan kulit.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak