5 Tips Mudah Menjaga Rambut Lembut Sepanjang Hari

November 19, 2019

5 Tips Mudah Menjaga Rambut Lembut Sepanjang Hari

          Rambut yang lembut dan mudah diatur adalah impian setiap wanita. Tak perlu lagi khawatir rambut menjadi kusut dalam keadaan apapun. Apalagi saat cuaca mulai dingin, kulit kepala biasanya menjadi lebih kering dan mengarah pada kerusakan rambut seperti rambut yang bercabang. Ingin memiliki rambut yang lembut sepanjang hari? Mari mulai dengan mengikuti 5 tips berikut ini!

1. Jangan Mandi dengan Air Terlalu Panas
          Hal pertama yang perlu kamu atur untuk mendapatkan rambut yang lembut adalah suhu air yang kamu gunakan saat mandi. Suhu air yang terlalu panas akan merusak folikel rambut dan menghilangkan minyak alami kulit kepala. Hal ini akan membuat kulit kepala menjadi kering dalam waktu singkat yang membuat kulit kepala memproduksi lebih banyak minyak untuk menggantikan minyak yang hilang. Agar rambut menjadi tetap lembut, gunakan suhu normal atau dingin sehingga kutikula rambut akan lebih halus.

2. Keringkan dengan Handuk Lembut
          Handuk yang kasar tak hanya akan merusak rambut tapi akan membuat rambut rontok lebih cepat. Kamu harus menggunakan handuk yang lembut misalnya yang berbahan katun atau microfiber karena lebih sedikit menimbulkan gesekan.

3. Berikan Nutrisi Pada Rambut
          Bagaimanapun kamu menjaga rambut, tidaklah lengkap jika kamu tidak menutrisinya dari dalam. Makanlah makanan yang mengandung antioksidan dan vitamin tinggi. Vitamin C sangat cocok untuk melembutkan rambut karena membantu memproduksi kolagen, yang akan memperkuat kapiler dari poros rambut. Kacang merah atau sayuran berdaun hijau seperti bayam juga bagus karena tidak hanya penuh protein tetapi juga mendorong pertumbuhan rambut berkat kandungan zat besi dan seng.

4. Pakai Sisir Rambut yang Tepat
          Penting untuk menggunakan sisir yang tepat sesuai dengan keadaan rambut. Untuk rambut basah, gunakan sisir plastik untuk mengurangi risiko rambut rontok. Untuk rambut yang kering, disarankan menghindari sisir plastik karena akan menimbulkan listrik statis saat menyisir. Gunakan sisir berbulu logam yang bertindak sebagai konduktor statis sehingga rambut menjadi lebih lembut.

5. Potong Rambut Teratur
          Memotong rambut secara teratur misalnya setiap 6-8 minggu akan menjaga rambut tetap lembut. Ujung-ujung rambut yang tidak ternutrisi dapat kamu pangkas secara teratur dan ini juga membuat kamu terhindar dari rambut bercabang.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak