11 Tanda Kulit Alami Penuaan Dini Part 1

September 17, 2019

11 Tanda Kulit Alami Penuaan Dini Part 1

Tanda-tanda penuaan adalah hal yang paling ditakuti oleh semua orang termasuk wanita dan pria. Biasanya tanda penuaan akan muncul seiring bertambahnya usia. Namun, ada sebagian orang mengalami penuaan lebih cepat dan cenderung ditemui di kulit wajah. Penuaan lebih cepat muncul dipengaruhi sejumlah faktor. Mulai dari perawatan kulit yang salah, lingkungan, hingga gaya hidup tidak sehat. Jika kamu mengalami penuaan lebih cepat dari semestinya maka ada sejumlah tanda yang perlu kamu tahu.

1. Muncul bintik matahari

Kamu pasti sudah tahu bawah sinar matahari berdampak buruk pada kulit. Jika mengalami penuaan dini maka kulit akan muncul bintik hitam atau coklat akibat terpapar sinar matahari. Memasuki usia 30-an, bintik matahari akan semakin terlihat. Selain matahari, bisa juga dipengaruhi oleh hormon.

2. Bintik hitam

Selain matahari, yang bisa membuat bintik hitam di wajah adalah sinar dari handphone. Menurut Bowe, panjang gelombang cahaya khususnya cahaya biru yang dipancarkan dari komputer, televisi, tablet, smartphone, dan bola lampu ruangan dapat berkontribusi pada bintik hitam. Penelitian baru menunjukkan bahwa wanita yang tinggal di perkotaan dan tingkat polutan lebih tinggi memungkinkan mengalami bintik hitam di kulit mereka. Kamu bisa gunakan produk kecantikan yang mengandung anti inflamasi dan antioksidan.

3. Kulit sangat kering

Semakin bertambahnya usia, kulit akan semakin kering. Menurut dokter kulit dan penulis The Beauty of Dirty Skin Whitney Bowe, MD, kesenjangan pada lapisan atas pelindung kulit dapat mengeluarkan molekul-molekul kelembapan alami yang memungkinkan terjadinya iritasi. Matahari, rokok, hingga stres juga menjadi penyebab kulit menjadi lebih kering. Untuk mengatasinya, pilih pelembab sseperti omega, minyak kelapa, ceramides, dan dimethicone. Gunakan sheet mask sarat humektan yang dapat menjaga kulit terhidrasi dan ternutrisi yang mencegah penuaan dini setiap seminggu sekali.

4. Keriput dan kerutan

Garis halus di sekitar mata biasanya yang paling awal mengalami penuaan dini. Menurut Bowe, dermis adalah lapisan yang berperan menjaga kulit kencang dan bebas dari garis halus. Seiring bertambahnya usia, pembaruan sel mulai melambat, stratum korneum kulit terluar menebal, dan serat elastin dalam dermis menjadi berantakan. Jika muncul kerutan tiba-tiba maka konsumsi vitamin C untuk melawan sinar matahari, likopen menstabilkan DNA dalam sel, polifenol memperbaiki kulit rusak, seng dan vitamin E sebagai antioksidan. Selain itu, konsumsi juga makanan seperti buah, sayur, kacang-kacangan yang mengandung nutrisi penting karena dapat melindungi kulit dari penuaan dini.

5. Kehilangan kecerahan kulit

Akibat kecepatan peremajaan sel melambat maka wajah kehilangan cahaya dan membuatnya terlihat cepat tua. Untuk mempertahankan kecerahan kulit disarankan menggunakan produk mengandung retinol karena terbukti menormalkan pergantian sel, mencegah penuaan dini, serta membuat kulit halus, sehat, bercahaya, dan meratakan warna kulit. Sayangnya, produk ini tidak dapat digunakan untuk ibu hamil dan menyusui.

 

Produk rekomendasi :




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak