5 Tanda Kamu Harus Mengganti Rutinitas Perawatan Kulit Sekarang!

Oktober 02, 2019

5 Tanda Kamu Harus Mengganti Rutinitas Perawatan Kulit Sekarang!

          Tipe kulit dan permasalahan kulit setiap orang berbeda-beda. Dibutuhkan perawatan kulit yang tepat untuk mengatasi setiap masalah kulit. Jika kamu sudah melakukan perawatan kulit dengan rutin namun masih memiliki masalah kulit seperti kulit berminyak, kasar atau kering, mungkin sudah saatnya kamu mengganti rutinitas harianmu. Kemudian apa saja tanda bahwa sudah seharusnya kamu mengganti rutinitas perawatan kulitmu sekarang? Ini dia 5 tandanya!

1. Muncul Benjolan Merah Kecil
          Munculnya benjolan merah kecil di wajah setelah memakai skin care bisa berarti kamu sedang mengalami purging. Biasanya purging terjadi saat kamu mulai menggunakan produk baru dan kulit mulai beradaptasi dengan skin care baru tersebut. Purging biasanya akan muncul di bagian kulit yang pernah mengalami masalah seperti jerawat, berbeda dengan breakout yang akan muncul di seluruh bagian wajah. Jika purging masih belum mereda setelah 2 minggu, berhentilah memakai skin care tersebut. Jika purging sudah mereda, kamu bisa memakai produk kembali secara bertahap. Mulailah dari sekali atau dua kali seminggu dan ditingkatkan secara bertahap. Apabila kamu mengalami breakout, hentikan pemakaian skin care agar tidak memperparah jerawat di wajah.

2. Tekstur Tidak Rata
          Saat memakai skin care, bisa saja tekstur kulit menjadi tidak rata. Ini merupakan akibat penumpukan sel kulit mati di permukaan kulit. Untuk mengatasinya, mulailah untuk melakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit sekali atau dua kali seminggu menggunakan sikat pembersih, scrub atau pengelupasan kimia. Berhati-hatilah untuk tidak melakukan eksfoliasi berlebihan, jauhi scrub yang terlalu keras bagi kulit dan lindungi kulit dari sinar matahari dengan memakai tabir surya setiap hari.

3. Kulit Terasa Ketat
          Jika kulit terasa kencang dan ketat, ini bukan pertanda baik. Lapisan pelindung kulitmu bisa saja rusak sehingga kemungkinan kulit menjadi kering, sensitif dan iritasi akan lebih beas. Hal ini bisa terjadi apabila kamu terlalu banyak menggunakan bahan skin care yang keras seperti retinol, AHA, BHA atau menggunakan formula yang mengelupas minyak alami kulit seperti Sodium Lauryl Sulfate (SLS). Kulit yang ketat dan kencang juga bisa diakibatkan mencuci muka berlebihan atau dengan air yang terlalu panas. Untuk mengatasinya, gunakan skin care yang mengandung asam hialuronat atau antioksidan yang dapat melembabkan kulit.

4. Kulit Merah atau Sensitif
          Jika kulit kamu biasanya tidak sensitif tetapi terasa sakit saat disentuh dan berwarna merah atau meradang, ini bisa saja disebabkan pengelupasan kulit yang berlebihan. Mengelupas kulit terlalu sering dapat melemahkan lapisan luar kulit  dan memudahkan bakteri dan iritasi masuk ke dalam kulit. Akibatnya, kamu juga akan lebih rentan terhadap jerawat. Apabila ini terjadi, berhentilah melakukan pengelupasan kulit selama beberapa minggu dan hindari bahan-bahan yang terlalu keras bagi kulit.

5. Kulit Berminyak
          Kulit berminyak bisa terjadi karena beberapa penyebab seperti faktor genetik, perubahan hormon dan pemakaian skin care yang salah. Kulit yang berminyak bukan berarti lembab, malahan kulit berminyak tetap bisa dehidrasi. Ketika kulit mengalami dehidrasi, secara alami kulit akan memproduksi minyak lebih banyak. Karena itulah penting untuk melembabkan kulit secara teratur. Carilah gel, pelembab berbahan dasar air atau serum yang mengandung asam hialuronat. Asam hialuronat sendiri merupakan bahan yang mampu menahan 1000 kali beratnya dalam air sehingga membuat kelembaban kulit bertahan lebih lama.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak