5 Tahapan Skincare Rutin untuk Kulit Berminyak

Desember 18, 2019

5 Tahapan Skincare Rutin untuk Kulit Berminyak

Kulit berminyak kerap menjadi momok menakutkan untuk sebagian perempuan. Wajah mereka akan tampak seperti kilang minyak jika berada di bawah sinar matahari. Kunci untuk menjaga keseimbangan minyak di wajah adalah dengan penggunaan skincare rutin yang tepat. Pakar kulit Dr. Melissa Kanchanapoomi Levin dari New York membagikan sejumlah tips skincare routine untuk kulit berminyak.

1. Pembersih Wajah

Tahap pertama skincare routine untuk kulit berminyak adalah mencari produk pembersih yang tepat. Bagi mereka yang kulitnya berminyak dan berjerawat, Dr. Melissa menyarankan menggunakan produk pembersih wajah atau facial wash yang mengandung benzoyl peroxide. Kandungan tersebut akan merawat jerawat dengan memberikan oksigen ke pori-pori yang fungsinya untuk membunuh bakteri. Benzoyl peroxide juga membantu mengatasi kemerahan dan peradangan pada jerawat.

Skincare routine untuk kulit berminyak tapi tidak berjerawat bisa menggunakan pembersih wajah yang mengandung glycolic acid atau salicylic acid. Kandungan tersebut tidak membersihkan secara berlebihan, namun tetap mengeksfoliasi kulit dengan lembut. Biasanya yang punya masalah kulit berminyak cenderung menggunakan produk skincare sangat keras dan mengiritasi. Bermaksud untuk mengurangi minyak, tapi minyak alami di kulit malah ikut menghilang, hasilnya justru memperburuk kondisi kulit.

2. Toner

Tugas utama toner adalah menyeimbangkan pH kulit dan menetralisir wajah sehingga rangkaian skincare untuk kulit berminyak selanjutnya bisa lebih efektif. Dr. Melissa tidak menyarankan menggunakan toner yang memiliki kandungan alkohol karena terlalu keras untuk kulit berminyak. Disarankan menggunakan toner yang mengandung retinol, retinoid, dan antioksidan.

3. Serum

Serum untuk kulit berminyak disarankan yang mengandung antoksidan. Kandungan antioksidan ada di dalam vitamin C, ekstrak green tea, dan ekstrak zaitun. Pilih serum dengan kandungan antioksidan karena mempenetrasi lebih dalam sehingga menghidrasi dari dalam kulit.

4. Moisturizer

Dr. Melissa menyarankan menggunakan oil-free moisturizer. Kandungan bebas minyak ditemukan dalam glycerin. Kandungan skincare ini tidak membuat pori-pori jadi tersumbat.

5. Sunscreen

Mereka yang memiliki kulit berminyak terkadang malas untuk menggunakan sunscreen karena khawatir kulit jadi semakin berminyak. Menurut Dr. Melissa, hal tersebut adalah mitos yang salah. Menggunakan sunscreen sangat penting bagi orang yang berjerawat karena paparan matahari bisa memperparah inflamasi, membuat hiperpigmentasi, dan memicu peradangan jerawat. Kuncinya adalah menggunakan sunscreen dengan label non-comedogenic atau acne-prone.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak