5 Rutinitas Perawatan Kulit yang Perlu Dilakukan

Oktober 09, 2019

5 Rutinitas Perawatan Kulit yang Perlu Dilakukan

Untuk mendapatkan kulit sehat, kamu perlu melakukan rutinitas perawatan kulit. Sebanyak  dan sebagus apapun produk yang kamu pakai jika tidak rutin memakainya maka hasilnya tak akan maksimal. Ada sejumlah langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit yang perlu kamu lakukan setiap harinya. Menurut dokter kulit dan ahli bedah kosmetik bersertifikat Melanie Palm, setiap orang setidaknya harus memiliki rutinitas harian untuk merawat kulit mereka.

1. Bersihkan wajah

Membersihkan wajah setiap hari adalah bagian integral karena mempersiapkan kulit untuk siap diaplikasikan produk perawatan kulit topikal. Jangan pernah melewatinya, minimal lakukan sekali sehari.

2. Sunscreen

Menggunakan sunscreen tidak boleh terlewat pada pagi hari. Produk ini merupakan perawatan kulit paling penting karena mencegah penuaan dini. Selain itu, mengurangi kerusakan oksidatif pada kulit.

3. Vitamin C

Vitamin C direkomendasikan sebagai antioksidan topikal pagi hari. Fungsinya, menghambat pigmentasi kulit yang abnormal, melindungi kulit dari stres oksidatif, dan meningkatkan kolagen baru. Selain vitamin C, antioksidan bisa didapatkan dari teh hijau, vitamin E, atau resveratol.

4. Retinol

Dr. Palm merekomendasikan turunan vitamin A, seperti retinol sebagai perawatan kulit malam hari. Bahan aktif ini bekerja meningkatkan kolagen baru, mengurangi garis halus, pigmentasi kulit, mengurangi pengelupasan akibat bahan kimiawi, mencegah bintik pra kanker, menyembuhkan kulit dari tindakan aesthetic seperti laser, serta efektif membantu bahan aktif topikal lainnya. Jika kulitmu sensitif, kamu bisa menggantinya dengan kandungan bakhuciol yang berasal dari tanaman dan memberi efek seperti retinol tanpa iritasi dan kemerahan.

5. AHA dan BHA

Penggunaan AHA, seperti asam glikolat dapat mengurangi pigmentasi, meningkatkan regenerasi kulit, meningkatkan kolagen, serta mencerahkan kulit. Sementara, BHA seperti asam salisilat dapat membantu mengurangi pigmentasi, mengatasi jerawat, serta menormalkan folikel rambut.




Dan juga Beauty Tips

Yakin Skincare Natural Bikin Kamu Bebas dari Masalah Kulit?
Yakin Skincare Natural Bikin Kamu Bebas dari Masalah Kulit?

Oktober 18, 2019

Skincare berbahan natural juga bisa menimbulkan reaksi negatif terhadap kulit. Sebab, kulit setiap orang berbeda.

Baca lebih banyak

Hati-hati! Cara Potong Kuku yang Salah Bisa Bikin Infeksi Lho!
Hati-hati! Cara Potong Kuku yang Salah Bisa Bikin Infeksi Lho!

Oktober 18, 2019

Suka melakukan manicure dan pedicure? Biasanya saat menjalani perawatan kuku, kuku dan kutikula akan dipotong. Padahal pemangkasan kutikula dapat

Baca lebih banyak

Tips Mudah dan Cepat Hilangkan Double Chin!
Tips Mudah dan Cepat Hilangkan Double Chin!

Oktober 18, 2019

Ketika melihat ke kaca, seringkali kita melihat terdapat lapisan lemak yang menumpuk di bagian atas leher. Lapisan inilah yang membuat seperti ada dagu

Baca lebih banyak