5 Penyebab Kulit Kering selama Kehamilan

November 21, 2019

5 Penyebab Kulit Kering selama Kehamilan

Selama hamil, berbagai kondisi tubuh bisa berubah dengan sangat cepat. Kehamilan membuat kulit menjadi lebih kering dan tampak kusam. Kondisi kulit kering atau bersisik disebut iktiosis. Penyebab kulit kering pada kehamilan umumnya disebabkan oleh perubahan hormon, sehingga mengakibatkan penurunan kandungan minyak alami dan elastisitas kulit. Namun, tak cuma masalah hormon yang menjadi penyebab kulit kering semasa kehamilan melainkan ada sejumlah penyebab lainnya. 

1. Efek sinar matahari

Kulit bisa mengalami kerusakan jika terlalu sering terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama. Sinar UVA dapat menembus lapisan epidermis dan atas dermis kulit. Paparan sinar UVA yang tinggi menyebabkan penebalan epidermis dan stratum korneum, serta penghancuran serat elastis. Kondisi ini mengakibatkan kulit kering. Penggunaan sunscreen menjadi solusi dalam mencegah efek buruk dari sinar matahari. Namun, harus memilih produk yang aman dan tepat khusus ibu hamil. Sunscreen mengandung mineral active, seperti titanium dioxide atau zinc oxide aman dan tidak membahayakan ibu hamil.

2. Menurunnya minyak alami kulit

Perubahan hormon menjadi penyebab kulit kering dan bersisik yang dipicu menurunnya kadar minyak alami dalam tubuh. Produk kecantikan berbahan dasar minyak zaitun pun menjadi alternatif paling aman untuk ibu hamil.

3. Kekurangan cairan

Hormon selama kehamilan berfluktuasi dan menyebabkan berbagai perubahan pada tubuh, termasuk kulit. Umumnya, masalah kulit kering terjadi di awal kehamilan atau trimester pertama. Kekurangan cairan tubuh menjadi faktor penyebabnya. Ibu hamil perlu cairan yang cukup karena diserap juga oleh janin. Kondisi ini paling sering terjadi pada ibu hamil yang mengalami morning sickness parah. Solusinya, konsumsi air putih yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi, mendorong regenerasi sel kulit, dan mengunci kelembapan dalam tubuh.

4. Jarang makan sayur 

Kurangnya mengonsumsi sayur juga menjadi pemicu kulit kering bagi ibu hami. Sayur-sayuran mengandung banyak serat alami, vitamin B2, dan vitamin E sebagai nutrisi penting untuk kulit. Kandungan antioksidan dan berbagai jenis mineral juga menutrisi kulit agar tampak mulus dan bersih. Cukup nutrisi ibu hamil dengan mengonsumsi sayuran berdaun gelap demi tampilan kulit sehat bercahaya.

5. Kekurangan vitamin C

Vitamin C berperan menjaga kesehatan kulit terhadap sinar matahari. Kulit kering pada ibu hamil juga bisa dipicu karena kekurangan asupan vitamin C dalam tubuh. Kekurangan vitamin C menyebabkan masalah kulit kering dan kusam. Oleh karenanya, konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C semasa kehamilan untuk mendorong produksi kolagen dan melembabkan kulit.




Dan juga Beauty Tips

7 Produk Skincare yang Wajib Dibawa saat Traveling
7 Produk Skincare yang Wajib Dibawa saat Traveling

Desember 06, 2019

Saat traveling, wajah akan mengalami masalah kulit. Oleh karenanya, kamu wajib membawa sejumlah skincare ini saat traveling.

Baca lebih banyak

4 Tips Kecantikan Ampuh yang Belum Kamu Ketahui
4 Tips Kecantikan Ampuh yang Belum Kamu Ketahui

Desember 06, 2019

Ada berbagai macam tips dan trik kecantikan yang tersebar dari berbagai sumber. Dari banyak trik tersebut, ada 4 tips pemakaian bahan yang jarang 

Baca lebih banyak

7 Tanda Kamu Terlalu Banyak Makan Gula
7 Tanda Kamu Terlalu Banyak Makan Gula

Desember 06, 2019

Ladies, kamu termasuk orang yang suka makanan manis? Makanan yang mengandung gula memang enak dan membuat suasana hati menjadi lebih baik

Baca lebih banyak