5 Masker Alami untuk Kulit Sensitif

September 12, 2019

5 Masker Alami untuk Kulit Sensitif

Kulit sensitif mudah iritasi terhadap sesuatu. Penyebab iritasi biasanya karena terpapar sinar matahari berlebih atau bahan kimia yang tidak sesuai dan terlalu keras untuk kulit. Iritasi menyebabkan sejumlah reaksi kulit, seperti bruntusan, kulit memerah, kering, perih, jerawat, mengelupas, dan lainnya. Untuk itu, perawatan kulit sensitif butuh ekstra hati-hati dan selektif. Salah pakai produk bisa jadi masalah untuk kulit.

Untuk merawat kulit sensitif agar tidak mudah iritasi, bisa melakukan cara sederhana di rumah. Kamu bisa menggunakan masker alami buatanmu sendiri. Tidak hanya mencegah dari iritasi, tetapi membuat kulit sensitifmu lebih sehat dan berseri.

1. Masker Mentimun

Mentimun mengandung antioksidan seperti karoten, vitamin C, A, zeaxanthin, dan lutein yang baik untuk kulit. Mentimun cocok untuk kulit sensitif karena menghidrasi dan meremajakan kulit berkat sifat anti inflamasinya. Berfungsi juga sebagai zat ringan yang meredakan iritasi kulit ringan. Kamu bisa mencampurkan mentimun dengan wortel. Oleshkan ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 hingga 20 menit sampai mengering. Bilas dengan air hangat.

2. Kentang

Ini adalah bahan alami untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan bintik hitam serta komedo. Berkat anti inflamasinya dapat mengurangi peradangan yang disebabkan kulit sensitif. Mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dair kerusakan lingkungan, polusi, hingga paparan sinar matahari. Haluskan kentang dan campurkan dengan madu. Oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat. Kamu juga bisa mencampurkan kentang dan susu. Campurkan kentang yang dihaluskan dengan 2 sendok makan susu mentah lalu teteskan minyak almond. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

3. Madu dan wortel

Madu mentah membantu menyeimbangkan bakteri pada kulit yang biasanya digunakan untuk mengatasi jerawat dan kulit sensitif. Manfaatnya mempercepat proses penyembuhan sel kulit akibat iritasi dan alergi. Bahkan, termasuk eksfoliator alami untuk meregenerasi sel kulit baru. Sementara, wortel mengandung vitamin C, memiliki sifat penyembuhan sehingga membantu kulit pulih lebih cepat, dan tidak mudah iritasi. Beta karoten dalam wortel mengurangi peradangan kulit. Untuk menjadi madu dan wortel masker, kamu haluskan ⅔ wortel matang dan campur dengan 1 atau 2 sendok makan madu. Aduk sampai rata lalau oleskan ke seluruh wajah. Hindari area mata dan mulut lalu diamkan selama 10-15 menit. Saat masker mengering, bilas dengan air bersih.

4. Oatmeal dan yoghurt

Oatmeal dapat menyerap minyak berlebih dan mengatasi jerawat. Sifat anti oksidan dan anti inflamasinya membantu merawat kulit kering dan mengangkat sel kulit mati. Oatmeal juga sebagai pelembaba alami dan mendinginkan kulit yang meradang akibat ruam, infeksi, atau kulit sensitif. Asam laktat dalam yogurt adalah asam alfa hidroksil alami yang membantu menghilangkan sel kulit mati dan membantu melembabkan kulit. Campurkan ⅔ sendok makan yogurt dan 2 sendok makan oatmeal. Oleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama 10-15 menit hingga mengering. Gunakan handuk yang dicelupkan ke air hangat untuk membilas masker.

5. Pisang dan putih telur

Pisang merupakan pelembab alami untuk kulit sensitif dan memperbaiki kulit rusak, kusam, dan kering berkat vitamin A. pisang kaya antioksidan yang dapat menghilangkan sel kulit mati. Putih telur bermanfaat menarik minyak dari pori-pori sambil mengencangkan kulit. Mengandung salah satu enzim paling kuat yang disebut lisozim bersama asam amini yang dapat membunuh bakteri. Hancurkan setengah buah pisang dan tambah 1 putih telur lalu aduk merata. Oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak