5 Manfaat Lain Mentimun yang Ajaib untuk Kecantikan Kulit

Agustus 07, 2019

5 Manfaat Lain Mentimun yang Ajaib untuk Kecantikan Kulit

Sudah tidak asing terdengar jika mentimun memiliki sejuta manfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Sejak dulu, mentimun dijadikan masker mata dan wajah. Mata lelah, panda, lingkaran hitam, dan bengkak bisa teratasi dengan menggunakan masker mentimun. Wajah juga akan terlihat cerah jika menggunakan masker mentimun. Ini berkat kandungan vitamin C dan asam float di dalamnya. Nah, sebenarnya mentimun tidak hanya bisa dijadikan masker wajah dan mata. Tetapi, memiliki manfaat lain untuk kecantikan kulit.

1. Kulit terbakar matahari

Mentimun bisa menjadi bahan membuat toner untuk mengatasi kulit terbakar matahari. Efeknya membantu memberi rasa dingin yang menenangkan dan memperbaiki kulit yang rusak. Cara membuat toner mentimun:

  • cuci , kupas, dan iris mentimun lalu masukkan ke dalam wadah yang berisi air hingga terendam sepenuhnya.
  • Panaskan di atas api kecil selama 5-7 menit. Kemudian haluskan mentimun menggunakan blender hingga halus sampai berbentuk pasta.
  • Tuangkan mentimun yang telah diblender dengan saringan atau kain halus. Pisahkan antara ampas dengan air mentimunnya.
  • Pindahkan air mentimun ke botol semprot. Kamu bisa juga menambahkan air mawar untuk memberi efek hidrasi. 
  • Jangan pernah menyimpan toner lebih dari 3-4 hari.

2. Atasi jerawat dan iritasi

Pemilik kulit yang rentan berjerawat dan iritasi tak perlu khawatir, karena bisa diatasi dengan mentimun. Kamu bisa mencampurkan mentimun dengan tanah liat bentonit yang memiliki sifat menyembuhkan dan detoksifikasi menjadi masker. Atau kamu bisa menggunakan irisan mentimun sebagai masker wajah.

3. Pencuci wajah

Kamu bisa juga loh mencuci muka dengan air mentimun sebagai pembersih minyak berlebih di wajah. Mencuci wajah dengan air mentimun sebelum atau setelah beraktivitas di luar ruangan bisa memberi efek baik bagi kulit. Caranya, kamu bisa rendam mentimun dengan air dingin selama satu jam. Kamu juga bisa menambahkan campuran lidah buaya atau teh hijau agar wajah menjadi lembab.

4. Melembutkan kulit tubuh

Kamu sudah tahu belum jika mentimun bisa dijadikan body lotion untuk melembutkan kulit tubuh. Kamu bisa mencampurkan air mentimun dengan gel lidah buaya, vitamin E, dan santan untuk membuat lotion alami. Caranya, parut kasar mentimun, peras untuk memperoleh airnya. Tambahkan vitamin E, ¼ cangkir santan, dan ¼ cangkir lidah buaya dalam wadah. Aduk hingga rata dan simpan dalam lemari es.

5. Menghidrasi tubuh

Untuk menghidrasi tubuh agar suhu tubuh tetap normal dan menjaga sistem pencernaan tetap sehat, kamu bisa menjadikan mentimun sebagai infused water. Selain itu, kulit juga menjadi tidak kering dan tampak sehat.




Dan juga Beauty Tips

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Mencegah Jerawat
5 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Mencegah Jerawat

Agustus 20, 2019

Jerawat sebenarnya bisa dicegah dengan kebiasaan sehari-hari yang tidak disadari.

Baca lebih banyak

Perbedaan Perawatan Kulit Pagi dan Malam Hari
Perbedaan Perawatan Kulit Pagi dan Malam Hari

Agustus 20, 2019

Rutinitas perawatan kulit pagi dan malam hari itu berbeda. Sebab, penggunaan skincare itu harus sesuai yang dibutuhkan kulit.

Baca lebih banyak

Mengenal Kandungan Skincare Polyglutamic Acid dan Manfaatnya
Mengenal Kandungan Skincare Polyglutamic Acid dan Manfaatnya

Agustus 19, 2019

Bintang baru di dunia skincare, Polyglutamic acid. Kandungan skincare ini jauh lebih ampuh dibanding klan acid lainnya.

Baca lebih banyak