5 Manfaat Kesehatan Terbaik dari Rajin Berenang

November 18, 2019

5 Manfaat Kesehatan Terbaik dari Rajin Berenang

          Olahraga apa yang menyegarkan sekaligus menyehatkan? Yup! Berenang adalah jawabannya! Berenang adalah salah satu olahraga yang tak hanya menyehatkan tubuh namun juga menenangkan jiwa. Kalau kamu tidak suka olahraga renang, 5 manfaat kesehatan ini bisa jadi akan membuatmu rajin berenang!

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung
          Berenang adalah salah satu olahraga terbaik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Tubuh yang menahan air membuat jantung bekerja lebih keras, sehingga akan meningkatkan sirkulasi / aliran darah. Daya apung alami dan suhu kolam renang yang menyegarkan juga membuat kamu seolah-olah tidak melakukan olahraga berat. Jika kamu ingin menurunkan tekanan darah secara alami, berenang adalah cara yang bagus untuk melakukannya.

2. Menurunkan Berat Badan
          Lelah dengan melakukan banyak olahraga namun berat badan tak kunjung turun? Kamu dapat mencoba berenang sebagai alternatif menurunkan berat badan yang efektif. Dengan melakukan renang selama 4 x 40 menit dalam seminggu, kamu akan langsung melihat perbedaannya. Dengan gaya renang kupu-kupu, kamu dapat menurunkan 800 kalori dalam waktu 1 jam saja!

3. Mempercepat Pemulihan
          Ternyata olahraga renang juga dapat membantu meredakan sakit dan nyeri. Jika kamu menderita sakit punggung atau lutut yang parah, berenang bisa menjadi olahraga yang tepat meredakan sakit. Air di kolam renang akan membantu tubuh berelaksasi, meregang sehingga sembuh lebih cepat.

4. Menghilangkan Stres
          Air di kolam renang akan membantumu menjernihkan pikiran. Berenang akan merangsang hormon endorfin atau hormon yang meningkatkan suasana hati. Berkat hormon ini, stres akan lebih cepat reda dan tenang setelah melakukan olahraga renang.

5. Membantu Pernapasan
          Rata-rata, kita bernapas antara 12-20 napas per menit. Ketika kita merasa stres atau cemas, otot kita mulai tegang dan mengencang. Hal ini membuat napas menjadi lebih sulit, sampai-sampai beberapa orang mengalami sesak napas, atau bahkan serangan panik. Saat pernapasan menjadi lebih teratur, kamu dapat membantu tubuh menurunkan tekanan darah, berat badan serta menghilangkan racun di tubuh. Berenang adalah olahraga yang ideal bagi mereka yang menderita asma, karena mendorong tubuh untuk membuka paru-paru dan mengendalikan pernapasan.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak