5 Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan dan Kesehatan

November 26, 2019

5 Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan dan Kesehatan

          Daun sirih telah dimanfaatkan sejak zaman kuno dan terkenal sebagai daun kesehatan di India serta Asia. Daun sirih biasanya dijadikan sebagai bagian dari ritual kuno dan dimanfaatkan dengan cara dikunyah. Daun sirih sendiri memiliki banyak vitamin dan antioksidan penting seperti vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, karoten, serta sumber kalsium yang bagus. Apa saja manfaat daun sirih untuk kecantikan dan kesehatan? Yuk simak!

1. Melawan Jerawat
          Daun sirih bersifat anti inflamasi yang sangat baik untuk mengobati jerawat. Khasiat anti bakteri dari daun sirih juga akan membantu kulit membunuh bakteri penyebab jerawat. Kamu dapat memanfaatkannya dengan cara merebus daun sirih. Jika air sirih sudah dingin, cucilah muka dengan air daun sirih. Kamu juga bisa mencoba menggiling beberapa lembar daun sirih dan tambahkan sejumput kunyit. Balurkan campuran ini ke wajah setiap hari.

2. Mengatasi Rambut Rontok
          Daun sirih juga dapat mengatasi rambut rontok karena kaya akan antioksidan yang mampu melindungi dan memperkuat akar rambut. Kamu bisa menumbuk daun sirih dengan minyak wijen atau minyak kelapa. Oleskan campuran ini di kulit kepala dan biarkan setidaknya selama satu jam. Kamu bisa menutupi kepala dengan shower cap untuk menghindari adanya noda pada pakaian. Setelah satu jam, cuci bersih rambut dengan sampo yang ringan.

3. Meredakan Bau Mulut
          Daun sirih adalah penyegar mulut yang alami dan seringkali dikunyah setelah makan malam untuk meredakan bau mulut. Selain bau mulut, daun sirih juga digunakan untuk mencegah pendarahan pada rongga mulut dan gusi. Untuk menggunakan daun sirih sebagai pembersih mulut, kamu tinggal merebus daun sirih kemudian gunakan airnya sebagai obat kumur. Bilas mulut kamu kapanpun saat mulut butuh disegarkan.

4. Melawan Bau Badan
          Tak hanya meredakan bau mulut, daun sirih juga ampuh melawan bau badan. Aroma alaminya yang menyegarkan juga akan membuat badan menjadi lebih wangi. Cara menggunakan nya yaitu dengan mengekstrak jus daun sirih kemudian tambahkan ke air mandi. Kamu juga bisa mengonsumsi rebusan air daun sirih untuk mendetoksifikasi tubuh dari dalam.

5. Mengekang Alergi
          Apabila kamu termasuk orang yang sensitif dan rentan terkena gatal/ruam, daun sirih akan sangat bermanfaat untuk mengekang alergi. Sifat anti-inflamasinya akan membantu kulit menenangkan efek alergi. Rebus sekitar 10 lembar daun sirih dalam air kemudian gunakan air daun sirih ini untuk mandi atau berendam. Kamu akan merasakan sendiri khasiatnya hanya dengan satu kali penggunaan.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak