5 Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan Kulit

Juni 21, 2019

5 Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan Kulit

Teh yang merupakan minuman kaya anti oksidan bisa menurunkan kadar stres, meningkatkan metabolisme tubuh, serta mengurangi risiko kanker. Namun, tidak hanya tehnya saja yang bermanfaat tetapi ampasnya juga berguna untuk kecantikan.

1. Menyamarkan kantung mata

Untuk menyamarkan kantung mata tidak melulu menggunakan eye cream, tapi bisa juga memanfaatkan ampas teh. Dengan sifat anti iritasi dan anti oksidannya bisa mengurangi pembengkakan di area sekitar mata. Kamu bisa mengompresnya dengan ampas teh bekas yang telah dicelupkan air dingin untuk memberika efek sejuk, dingin, dan rileks. Lalu, bilas menggunakan air bersih. Rutin melakukan hal ini minimal seminggu tiga kali dapat mengurangi mata lelah dan membantu mengembalikan rona cerah alami di area mata.

2. Mencegah penuaan dini

Ampas teh yang tingi akan anti oksidan dapat membantu memperbaiki jaringan dan elastisitas kulit sehingga baik untuk mencegah dan melawan penuaan dini seperti garis halus, kerutan, hingga age spot. Kamu bisa baurkan ampas teh secara merata pada wajah yang bersih lalu diamkan hingga mengering. Dapatkan hasil kulit yang lebih kencang usai pemakaian.

3. Mengatasi masalah jerawat

Senyawa katekin dalam teh bisa melawan bakteri penyebab timbulnya jerawat. Ditambah aman karena bahan alami tanpa efek samping, aman, efisien, dan ekonomis. Kamu bisa mengaplikasikan ampas teh dengan air hingga teksturnya mengental, lalu oleskan pada kulit wajah yang berjerawat dan diamkan hingga mengering. Bilas dengan air hangat hingga bersih dan lakukan langkah ini setiap hari hingga jerawat mereda.

4. Mengontrol produksi kelenjar minyak

Kandungan senyawa polisakarida bermanfaat mengatur keseimbangan kadar gula yang memengaruhi produksi kelenjar sebum yang menyebabkan kadar minyak berlebih. Jadi, sangat efektif mengatasi kilap di wajah. Cara mengaplikasikannya sama seperti untuk mengatasi masalah jerawat.

5. Membantu pengelupasan kulit

Ampas teh memiliki tekstur kasar sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengelupas sel kulit mati. Selain mampu mengangkat berbagai kotoran, debu, dan polusi juga dikenal untuk menenangkan, menghaluskan, dan mencerahkan rona kulit. Kamu bisa baurkan ampas teh pada seluruh permukaan wajah, lalu pijat lembut area wajah dengan gerakan memutar dengan tekanan pelan. Diamkan selama 5-10 menit, lalu bilas hingga bersih. Namun, jangan terlalu sering mengaplikasikannya. Kamu cukup lakukan ini setiap satu atau dua kali dalam seminggu. Untuk menghindari masalah kulit, baiknya tidak menggunakan ampas teh yang telah dicampurkan dengan gula, susu, atau bahan lainnya.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak