5 Makanan yang Bantu Cegah Rambut Beruban

Oktober 23, 2019

5 Makanan yang Bantu Cegah Rambut Beruban

          Seiring bertambahnya usia, rambut kehilangan pigmennya dan berubah warna menjadi putih atau abu-abu. Rambut yang sering kita sebut dengan uban ini seringkali membuat wanita tidak percaya diri. Apalagi karena rambut beruban bisa saja muncul meski belum mencapai usia 40 tahun. Tetapi kamu dapat mencegah rambut uban dengan nutrisi yang terdapat dalam makanan seperti:

1. Ikan Salmon
          Minyak ikan salmon terkenal dengan kemampuannya yang membuat rambut menjadi lebih bersinar dan kuat. Ternyata minyak ikan salmon juga dapat menjaga warna alami rambut kita. rambut yang lebih bersinar dan kuat, tetapi mereka juga dapat membantu menjaga warna rambut alami kita. Ikan salmon mengandung selenium, mineral penting yang membantu mengatur produksi hormon. Ikan salmon memenuhi nutrisi seperti omega 3 dan protein yang dibutuhkan rambut untuk tumbuh sehat dan kuat.

2. Hati
          Hati sebenarnya menempati urutan teratas daftar makanan yang membantu mencegah rambut beruban. Hati kaya akan nutrisi yang membantu menjaga rambut tetap berpigmen seperti vitamin B12, B9, tembaga, dan zat besi. Peran vitamin B12 yaitu membantu DNA dan RNA bekerja dengan asam folat untuk menghasilkan sel darah merah yang penting untuk menjaga kesehatan rambut. Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin B12 dari makanan semakin menurun. Kekurangan vitamin B12 menyebabkan munculnya uban meski pada usia dini. Sehingga memakan hati bisa merupakan solusi berkurangnya rambut beruban.

3. Rumput Laut
          Rumput laut merupakan salah satu rahasia kecantikan yang telah dipakai di negara Jepang untuk membuat rambut tetap hitam. Rumput laut kaya akan kolagen yang meningkatkan kesehatan rambut secara alami. Beberapa rumput laut serta tanaman laut lainnya juga kaya akan seng, vitamin A, vitamin C, dan beta-karoten yang dikenal untuk merangsang pertumbuhan rambut.

4. Kacang-kacangan
          Kekurangan vitamin B9 (asam folat) juga dapat menyebabkan rambut menjadi beruban lebih cepat dari yang seharusnya. Kacang-kacangan dan buncis adalah sumber vitamin B9 yang tinggi. Vitamin B9 penting untuk memproduksi metionin, asam amino yang penting untuk warna rambut dan juga membantu produksi DNA serta RNA.

5. Miso
          Miso telah lama digunakan di negara Jepang untuk membantu menjaga rambut tetap berkilau, sehat, dan gelap. Terbuat dari kedelai fermentasi, miso kaya akan enzim. Selain itu, makanan yang difermentasi seperti acar, asinan atau kimchi juga bermanfaat dalam mencegah uban.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak