5 Makanan Ini Harusnya Kamu Makan Secara Mentah Lho!

Oktober 24, 2019

5 Makanan Ini Harusnya Kamu Makan Secara Mentah Lho!

          Kamu sudah tahu bahwa ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh kamu makan secara mentah seperti telur, daging dan beberapa jenis sayuran. Tetapi ternyata ada jenis makanan yang seharusnya kamu makan secara mentah lho! Bukan tanpa sebab, memakan makanan ini secara mentah dapat membuat kamu tercukupi nutrisinya! Yuk simak lebih lanjut!

1. Bawang Bombay
          Bawang bombay memiliki kandungan flavonoid tinggi, salah satu antioksidan yang dapat melawan kanker. Memasak bawang bombay akan mengurangi manfaat ini sehingga lebih baik dimakan secara mentah. Sebuah studi di tahun 2012 menemukan bahwa ketika bawang bombay mentah dipanaskan dalam oven, sifat-sifat yang menyehatkan jantung benar-benar menghilang dalam 30 menit atau kurang meskipun bawang bombay dihangatkan secara utuh, dicincang atau dihancurkan.

2. Paprika Merah
          Paprika seringkali kamu temukan dalam topping pizza atau roti. Namun sebenarnya paprika lebih baik jika dimakan secara mentah. Paprika memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan memasak paprika dapat menghancurkan vitamin C.

3. Brokoli
          Brokoli mengandung phytochemical sulforaphane dalam jumlah tinggi, yang membantu mencegah kanker, penyakit jantung, peradangan, dan depresi. Sebuah penelitian tahun 2008 yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural Food and Chemistry menunjukkan bahwa tubuh kita menyerap sulforaphane lebih cepat ketika kita makan brokoli mentah daripada dimasak. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa memasak brokoli menggunakan microwave, merebus, dan menggorengnya akan menurunkan kadar vitamin C brokoli. Apabila kamu tidak bisa makan brokoli mentah, cobalah untuk mengukusnya agar nutrisinya tidak terlalu berkurang.

4. Nanas
          Nanas yang dimasak bersama dengan nasi goreng atau dibakar saat barbeque mungkin menggiurkan. Namun memasak nanas ternyata menghilangkan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Sebuah studi di tahun 2010 menemukan bahwa jus nanas segar lebih efektif dalam mengurangi peradangan dan neoplasia kolon (pertumbuhan abnormal jaringan di sekitar usus besar) daripada nanas yang sudah dimasak.

5. Blueberry
          Blueberry mengandung lebih banyak antioksidan polifenol daripada buah beri lainnya. Memasak blueberry dengan cara dipanggang atau direbus akan menurunkan tingkat polifenolnya sehingga sebaiknya kamu memakannya saat masih dalam keadaan segar.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak