5 Kesalahan Merawat Kulit Sensitif yang Wajib Kamu Tahu

Febuari 04, 2019

5 Kesalahan Merawat Kulit Sensitif yang Wajib Kamu Tahu

Merawat kulit sensitif memang terbilang gampang-gampang susah. Sebab, banyak pantangan yang harus mereka hindari. Mulai dari memilih kandungan yang tepat untuk kulit sensitif karena tidak semua kandungan atau bahan yang ada di dalam sebuah produk skincare itu cocok untuk digunakan. Hingga, kesalahan-kesalahan yang sebenarnya tak boleh dilakukan namun tanpa disadari justru terus melakukannya. Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat merawat kulit sensitif.

 

1. Kurang minum air putih

Minum air putih memang ada aturannya, yaitu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Setiap orang memiliki kebutuhan air yang berbeda. Namun, tak ada salahnya bila sering minum air putih. Selain untuk membuang racun dalam tubuh, air juga berfungsi menjaga kelembapan kulit serta memberi nutrisi penting ke sel kulit. Kamu bisa menambahkan lemon ke dalam air untuk membantu pencernaan dan mempercantik kulit dari dalam.

2. Mandi dan mencuci muka dengan air panas

Bila kulitmu sensitif, hindari mandi atau mencuci muka dengan air panas. Air panas akan membuat kulit sensitifmu rentan iritasi, kekeringan berlebih, dan parahnya pecahnya pembuluh darah. Baiknya gunakan air hangat bila tidak ingin menggunakan air dingin untuk mandi atau mencuci muka.

3. Menggunakan skincare berbahan keras

Kulit sensitif dilarang menggunakan skincare baik cleanser maupun pelembab berbahan keras, seperti sulfat dan wewangian. Bahan keras dapat mengupas minyak alami dari kulit, membuat kulit ketarik, hingga terlalu kering. Untuk produk pelembab, sebaiknya pilih kandungan hypoallergenic yang telah diuji dan disarankan oleh dermatologist. Tujuannya, untuk mengunci kelembapan, mencegah kulit kering, mengurangi iritasi. Untuk amannya, menggunakan produk skincare berbahan alami saja.

4. Tidak mencoba produk sebelum membeli

Kulit sensitif seharusnya selalu menguji coba produk sebelum membeli. Padahal, ini adalah langkah awal bagi mereka si kulit sensitif untuk mengetahui kecocokan produk dengan kulitnya. Langkahnya cukup sederhana, letakkan sedikit produk di belakang telinga atau punggung tangan selama 48 jam. Bila tidak menimbulkan reaksi iritasi, maka produk tersebut aman digunakan. Tetapi, bila menimbulkan reaksi iritasi artinya produk tersebut tidak cocok digunakan.

5. Terlalu sering eksfoliasi

Eksfoliasi memang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran, namun tidak baik bila dilakukan terlalu sering. Apalagi, melakukannya lebih dari sekali dalam seminggu. Kesalahan ini bisa menyebabkan iritasi, kemerahan, kering, kulit mengelupas, hingga terasa terbakar. Cukup eksfoliasi satu kali dalam seminggu atau dua minggu. Pilih produk eksfoliator yang berbahan seperti AHA dan hindari kandungan kacang, cangkang, dan kristal.

Produk rekomendasi :

SWISSVITA MICRITE 3D ALL USE CREAM




Dan juga Beauty Tips

Langkah Mudah Bersihkan Kuas Make Up
Langkah Mudah Bersihkan Kuas Make Up

Agustus 23, 2019

Setiap hari kamu make up menggunakan alat bantu seperti kuas yang beraneka ragam. Tetapi seberapa sering kamu membersihkan kuas make up itu?

Baca lebih banyak

Kembalikan Rambut Hitam Berkilau dengan Activated Charcoal
Kembalikan Rambut Hitam Berkilau dengan Activated Charcoal

Agustus 23, 2019

Rambut yang hitam berkilau bisa kamu dapatkan dengan activated charcoal lho! Activated charcoal terbukti memiliki manfaat kesehatan

Baca lebih banyak

Tips Memilih Clay Mask Sesuai Tipe Kulit
Tips Memilih Clay Mask Sesuai Tipe Kulit

Agustus 23, 2019

Clay mask sering sekali digunakan untuk perawatan kulit yang spesifik. Sejak dahulu, clay mask dipakai sebagai resep kecantikan

Baca lebih banyak