5 Kesalahan Menggunakan Sunscreen

Desember 10, 2019

5 Kesalahan Menggunakan Sunscreen

Masih banyak perempuan salah kaprah dalam penggunaan sunscreen. Kebanyakan perempuan menggunakan sunscreen hanya satu kali pakai dalam sehari, membeli sunscreen yang hanya ada tulisan SPFnya saja, hingga hanya menggunakan di bagian yang terpapar sinar matahari. Padahal, penggunaan sunscreen tidak hanya demikian. Untuk hasil maksimal dan benar-benar melindungi kulit dari paparan sinar matahari, ada tahapan yang harus dilakukan. Simak ulasannya berikut ini:

1. Asal beli sunscreen, yang penting ada tulisan SPF-nya

Dalam membeli sunscreen sebaiknya jangan hanya terpaku dengan tulisan SPF. SPF merupakan perkiraan berapa lama sinar matahari akan membakar kulit. Setiap orang membutuhkan sunscreen dengan SPF yang berbeda, bergantung dari kegiatan masing-masing. Bila di dalam ruangan cukup menggunakan SPF 15, tapi kalau di luar ruangan butuh SPF 30 hingga 50. SPF 30 dapat menghalangi 97 persen sinar UVB dan maksimum SPF 50 dapat menghalangi 98 persen sinar UVB. Sementara, kamu butuh lebih dari itu. Sebaiknya, perhatikan kemasan yang ditandai dengan PA+, PA++, PA+++. Bila tidak tertera, periksa kandungannya apakah mengandung zink atau avabenzone. Dua bahan aktif ini dapat melindungi kulit dari bahaya kanker.

2. Hanya satu kali mengoleskan sunscreen sepanjang hari

Tidak ada sunscreen yang melindungi kulit dari sinar matahari hingga 100 persen, meskipun menggunakan SPF yang tinggi. Sunscreen akan luntur atau hilang saat berkeringat dan jika terkena air. Sebaiknya oleskan kembali sunscreen setiap dua jam sekali.

3. Mengoleskan sunscreen pada area yang terbuka

Kebanyakan perempuan biasanya menggunakan sunscreen hanya pada kulit yang terpapar matahari saja. Sebenarnya menggunakan sunscreen yang baik adalah rata ke seluruh bagian tubuh, meskipun bagian tersebut tertutup pakaian. Kamu juga harus pakai sunscreen di area belakang telinga dan leher. Namun, sunscreen yang dibutuhkan tentu berbeda dengan sunscreen wajah. Untuk area wajah, kamu bisa gunakan sunscreen wajah. Untuk area tubuh, kamu bisa menggunakan sunscreen seluruh tubuh.

4. Baru pakai sunscreen sesaat sebelum keluar rumah

Kulit membutuhkan waktu setidaknya 30-60 menit untuk menyerap sunscreen. Jika kamu baru menggunakan sunscreen beberapa saat sebelum beraktivitas keluar rumah atau saat berada di bawah sinar matahari, kulit tidak akan mendapatkan perlindungan apa pun dan berisiko terbakar matahari.

5. Hanya menggunakan sunscreen ketika sedang panas terik

Bagaimanapun cuacanya, kamu harus selalu menggunakan sunscreen, sekalipun saat musim hujan. Sinar UVB yang menyebabkan luka bakar memang melemah pada saat musim hujan, namun sinar UVA datang lebih kuat. Baik sinar UVA dan UVB sama-sama dapat menyebabkan kanker kulit dan kerusakan sel akibat sinar matahari. Menggunakan sunscreen juga berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit sehingga kulit tidak akan dehidrasi.

Produk rekomendasi :




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak