5 Kebiasaan yang Salah Saat Mencuci Tangan

Oktober 30, 2019

5 Kebiasaan yang Salah Saat Mencuci Tangan

          Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang harus dijaga kebersihannya. Apalagi kita sering sekali menggunakan tangan untuk memegang benda, makan, dan lainnya. Menjaga kebersihan tangan sangatlah penting untuk menghindari tubuh terkena bakteri dari tangan. Sayangnya, seringkali kita melakukan kebiasaan yang salah saat mencuci tangan sehingga membuat tubuh lebih rentan terhadap kuman dan bakteri. Ini dia kebiasaan-kebiasaan yang salah saat mencuci tangan!

1. Mencuci Tangan Hanya Sebentar
          Sebuah penelitian mengatakan bahwa 95% orang tidak mencuci tangan cukup lama untuk membunuh kuman yang ada di tangan. Diperlukan setidaknya 20 detik untuk membunuh kuman dengan sabun dan air. Rata-rata orang hanya mencuci tangan dengan air selama 6 detik. Terlebih lagi, 15% pria dan 7% wanita diketahui tidak mencuci tangan setelah menggunakan kamar kecil.

2. Tidak Mencuci Celah di Jari-jari
          Jika kamu termasuk orang yang hanya mencuci telapak tangan kemudian membilasnya, tangan kamu kemungkinan besar masih kotor. Kuman biasanya suka bersembunyi di bawah kuku dan celah di jari-jari tangan sehingga penting untuk membersihkannya. Pastikan untuk menggosok setiap bagian tangan dengan sabun untuk menghilangkan kotoran, minyak dan kuman dari kulit.

3. Tidak Membilas Sabun Batang Sebelum Digunakan
          Bakteri dan kuman dapat menempel pada sabun batang setelah digunakan. Apalagi sabun batang dapat menjadi tempat kuman dan bakteri berkembang biak. Apabila kamu tidak membilas sabun batang terlebih dahulu, kuman dan bakteri itu bisa saja berpindah ke tanganmu. Kebiasaan ini meskipun sederhana namun tidak ada salahnya diterapkan untuk mencegah kuman kembali ada di tangan.

4. Menggunakan Sabun dari Tabung Isi Ulang
          Kamu mungkin berpikir bahwa sabun yang berada di tabung isi ulang tidak berbahaya. Namun sebuah penelitian mengatakan bahwa sabun yang berada di tabung isi ulang menyebabkan peningkatan bakteri 26 kali lipat. Untuk mengatasinya, kamu bisa membawa sabun berukuran kecil yang kamu pakai sendiri ketika bepergian.

5. Tidak Benar-benar Mengeringkan Tangan Setelah Mencuci
          Setelah merubah kebiasaan mencuci tangan, kamu juga perlu mengeringkan tangan dengan baik. Hal ini dikarenakan kuman suka berkembang biak di tempat yang lembab, sehingga kamu perlu mengeringkan tangan sampai benar-benar kering setelah mencuci tangan.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak