5 Kebiasaan yang Memicu Munculnya Penuaan Dini

Januari 23, 2019

5 Kebiasaan yang Memicu Munculnya Penuaan Dini

Tanda-tanda penuaan dini dapat terlihat di usia 20-an. Bisa jadi penuaan dini itu disebabkan oleh kebiasaan rutin yang kamu lakukan tanpa sadar selama ini. Terdapat lima kebiasaan yang dapat menyebabkan penuaan dini.

1. Minum menggunakan sedotan

Gerakan berlebihan pada wajah yang dilakukan secara berulang dapat menyebabkan tanda penuaan kulit wajah. Gerakannya dapat memecah serat kolagen dan elastin pada kulitmu. Termasuk, gerakan saat menggunakan sedotan. Saat minum dengan sedotan, kamu membuat gerakan menarik bibir yang menyebabkan munculnya garis halus dan kerutan sekitar mulut apabila dilakukan dalam jangka waktu panjang. Sebaiknya, minum minuman langsung dari gelas.

2. Sering menguap

Seseorang akan sering menguap bila kekurangan tidur. Padahal, terlalu sering menguap mempercepat timbulnya kerutan di area mata. Ketika menguap, memicu mata berair dan membengkak. Kelebihan cairan ini akan melemahkan elastisitas jariangan di sekitar mata yang akhirnya mempercepat timbulnya kerutan. Area mata merupakan daerah kulit wajah yang paling mudah terkena kerutan dan garis halus. Seiring bertambahnya usia, kulit akan mulai kehilangan elastisitasnya. Solusinya, kamu harus tidur yang cukup setiap malam dan jangan lupa mengaplikasikan eye cream untuk merawat area mata.

3. Tidak mengenakan sunscreen saat cuaca berawan

Sunscreen tetap digunakan meski cuaca sedang berawan, hujan, maupun panas. Sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB memiliki kekuatan untuk menembus awan sekalipun tebal. Sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit yang disebut dengan elastin jika terpapar dalam waktu yang lama. Elastin akan menghilangkan elastisitas kulit yang mengakibatkan kulit terlihat kendur.

4. Terlalu sering terpapar asap rokok

Sering terpapar asap rokok dapat menyebabkan penuaan dini. Ini dikarenakan komponen asap rokok pasif seperti tar, nikotin, dan karbon monoksida lebih terkonsentrasi karena tidak adanya filter pada ujung rokok. Ini menyebabkan menumpuknya enzim perusak kolagen MMP pada kulit dan menyebabkan penuaan dini. Untuk mengatasinya, cobalah sebisa mungkin untuk menghindari paparan asap rokok dan pilih skincare yang mengandung anti oksidan di dalamnya. Kandungan anti-oksidan ampuh menangkal radikal bebas. Bisa pula gunakan serum vitamin C setiap pagi sebelum menggunakan sunscreen.

5. Posisi tidur tertentu

Posisi tidur tertentu dapat memicu terjadinya penuaan dini. Tidur dengan posisi menyamping, kulit akan sering bergesekan dengan bantal atau sprei sehingga memicu munculnya garis halus di sekitar pipi. Posisi tidur tengkurap, menyebabkan kulit wajah mudah kendur dan tertarik ke bawah. Solusinya, biasakan tidur dengan posisi telentang agar kulit wajah melawan gravitasi, menghalangi wajah tertarik ke bawah dan mencegah timbulnya kerutan pada kulit wajah.

 Produk rekomendasi :

SWISSVITA MICRITE 3D ALL USE ANTI-WRINKLE SERUM




Dan juga Beauty Tips

5 Cara Menebalkan Rambut Tipis dengan Bahan Alami
5 Cara Menebalkan Rambut Tipis dengan Bahan Alami

September 17, 2019

Kamu ingin menebalkan rambut tipismu?. Kamu bisa gunakan lima bahan alami ini.

Baca lebih banyak

7 Manfaat Mangga untuk Kecantikan Kulit
7 Manfaat Mangga untuk Kecantikan Kulit

September 17, 2019

Kamu tahu nggak kalau mangga ternyata punya manfaat untuk kecantikan kulit tanpa kalian sadari. Mulai dari merawat kulit sensitif hingga mencerahkan wajah.

Baca lebih banyak

4 Manfaat Alpukat untuk Kecantikan Kulit
4 Manfaat Alpukat untuk Kecantikan Kulit

September 16, 2019

Alpukat memiliki banyak manfaat kecantikan kulit yang perlu kamu tahu dan bisa diterapkan di rumah.

Baca lebih banyak