5 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Setelah Olahraga

November 15, 2019

5 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Setelah Olahraga

          Setelah melakukan olahraga, apa yang biasanya kamu lakukan? Berolahraga adalah salah satu upaya menjaga tubuh tetap sehat dengan membakar kalori yang sudah masuk ke dalam tubuh. Melakukan olahraga terutama untuk diet sangatlah penting. Namun seringkali kita lalai dalam melakukan aktivitas setelah olahraga. Hasil dari kelalaian ini adalah olahraga yang sudah kamu lakukan menjadi sia-sia dan kamu malah tidak bertambah sehat. Kemudian apa saja yang tidak boleh kamu lakukan setelah olahraga? Yuk ikuti penjelasannya!

1. Makan Berlebihan
          Setelah berolahraga, tubuh biasanya memang menjadi lapar dan lelah karena banyak kalori dan energi yang terbuang. Namun makan secara berlebihan sebagai cara untuk membalas hasil dari olahraga dapat membuat hasil olahragamu menjadi sia-sia. Bahkan dampaknya kamu akan menimbun lebih banyak kalori karena terlalu banyak makan. Berikan tubuh asupan protein dan karbohidrat yang mudah dicerna dan sedikit lemak sehat sehingga dapat mulai memperbaiki otot-otot dan mengisi kembali nutrisi yang hilang setelah olahraga.

2. Tidak Menghidrasi Tubuh
          Kebanyakan orang yang olahraga mengalami dehidrasi. Kamu harus minum air terus-menerus selama berolahraga. Berapa banyak? Sekitar 30-35 ml per kg berat badan per hari, plus tambahan 500-1000 ml untuk setiap jam berolahraga. Tetap menghidrasi tubuh menjadi sangat penting apalagi jika kamu termasuk orang yang banyak berkeringat! Pastikan untuk tetap terhidrasi sebelum, selama dan terutama setelah berolahraga.

3. Lupa Melakukan Pendinginan
          Melakukan pemanasan dan pendinginan adalah bagian penting dari olahraga. Otot akan merespons jauh lebih baik ketika kamu merawatnya dengan baik dan meluangkan waktu untuk melakukan peregangan setelah berolahraga. Tentunya kamu tidak ingin membuat ototmu keram, bukan?

4. Tidak Bergerak Kalau Tidak di Gym
          Hanya karena kamu berolahraga, bukan berarti kamu bebas untuk hanya duduk di seharian. Jadikan setiap gerakan sebagai bagian dari gaya hidup berolahraga yang sehat seperti naik tangga, berjalan, menggerak-gerakan badan dan banyak hal lainnya.

5. Tidak Mencatat Hasil Olahraga
          Penting untuk mengetahui seberapa besar kamu sudah melakukan olahraga. Jangan sampai kamu berolahraga terlalu ekstrem sehingga membuat tubuh terlalu lelah. Penting juga untuk mencatat seberapa banyak kalori yang masuk saat kamu makan dan seberapa banyak yang keluar saat kamu berolahraga. Dengan mencatat hasil olahraga, kamu dapat mengetahui lebih jelas apa yang diperlukan tubuhmu dan rutinitas seperti apa yang cocok untuk tubuhmu.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak