5 Hal Menjijikan yang Terjadi Akibat Tidak Mandi

November 04, 2019

5 Hal Menjijikan yang Terjadi Akibat Tidak Mandi

          Biasanya kita mandi satu sampai dua kali dalam sehari atau lebih tergantung dari gaya hidup. Mandi setiap hari merupakan hal yang wajib terutama ketika kamu adalah orang yang banyak berkeringat, sering berolahraga atau bekerja di lingkungan yang kotor. Sebenarnya mandi bertujuan untuk mencegah bakteri, infeksi serta penyebarannya berkembang di tubuh dan membuat tubuh terkena penyakit. Menjaga tubuh tetap bersih akan membuat tubuh lebih sehat dan segar. Meskipun tidak ada aturan dalam mandi, penting untuk menjaga kebersihan tubuh. Karena jika tidak mandi, hal-hal berikut ini dapat terjadi pada tubuhmu.

1. Bakteri Berkembang Biak
          Ada jutaan bakteri yang hinggap di tubuh kita setiap harinya. Bakteri itu bahkan tetap ada bahkan ketika kita sudah mandi. Meskipun ada bakteri baik yang hidup di kulit kita, tetapi jika kita tidak mandi, sel-sel kulit mati akan menumpuk dan membuat bakteri atau jamur berkembang biak dengan pesat. Hal ini akan menyebabkan kita lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit.

2. Keringat & Bakteri Akan Bercampur
          Sebenarnya keringat tidak memiliki bau, namun seringkali keringat bercampur dengan bakteri yang ada di kulit sehingga menyebabkan bau badan ketika tidak mandi. Ada dua kelenjar dalam tubuh yaitu kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin. Kelenjar ekrin ditemukan di seluruh tubuh dan terbuka langsung ke permukaan kulit, sedangkan kelenjar apokrin ditemukan di daerah dekat folikel rambut, seperti ketiak dan selangkangan. Kelenjar ekrin mengeluarkan keringat, yang membantu menenangkan diri. Sedangkan kelenjar apokrin mengeluarkan cairan berbeda saat sedang stres. Setelah bergabung dengan bakteri di kulit, tubuh bisa mendapatkan bau yang sangat menyengat.

3. Timbulnya Jerawat di Badan
          Walaupun ada banyak penyebab jerawat, tidak mandi dapat memperburuk jerawat. Tanpa mandi, kamu akan terus menerus menempel dengan kotoran, minyak, make up dan semua noda yang menumpuk di kulit sepanjang hari. Kulit dapat tersumbat oleh semua residu tersebut dan menyumbat pori-pori kulit sehingga menyebabkan jerawat, komedo dan iritasi kulit.

4. Kemungkinan Terkena Infeksi Jamur
          Apabila kamu tidak mandi, kamu lebih mungkin terinfeksi oleh jamur, kurap atau infeksi bakteri lainnya. Bakteri dan parasit suka bersembunyi di bawah kuku, di selangkangan, di belakang telinga, atau ketiak. Karena itu penting untuk mandi setiap hari untuk mencegah timbulnya infeksi bakteri.

5. Rambut Lebih Berminyak
          Terlalu sering keramas dapat menyebabkan rambut menjadi lebih berminyak karena minyak alami kulit rambut menjadi hilang. Namun hal ini juga berlaku saat kamu tidak mandi dan keramas. Tidak mencuci rambut secara teratur dapat menyebabkan penumpukan produk seperti sampo atau kondisioner, iritasi kulit kepala dan produksi minyak berlebih. Kamu juga mungkin mengalami bau kulit kepala karena keringat yang menumpuk di kulit kepala bercampur dengan bakteri.




Dan juga Beauty Tips

4 Bumbu Masak yang Membantu Lancarkan Pencernaan
4 Bumbu Masak yang Membantu Lancarkan Pencernaan

November 20, 2019

Ternyata bukan hanya buah-buahan dan sayuran tinggi serat yang dapat melancarkan pencernaan. Bumbu masak juga ternyata dapat membantu lancarkan

Baca lebih banyak

5 Bahan Alami untuk Mengatasi Jerawat di Ketiak
5 Bahan Alami untuk Mengatasi Jerawat di Ketiak

November 20, 2019

Jerawat di ketiak menjadi masalah yang menyebalkan! Apalagi jika munculnya jerawat disebabkan oleh deodoran. Sebenarnya ada banyak alasan mengapa kamu

Baca lebih banyak

Jangan Dibuang! Kulit Buah-buahan Ini Bikin Sehat Lho!
Jangan Dibuang! Kulit Buah-buahan Ini Bikin Sehat Lho!

November 20, 2019

Biasanya buah-buahan hanya kita konsumsi bagian daging buahnya saja. Sisanya seperti kulitnya pasti akan kita buang. Padahal tanpa kamu ketahui, kulit dari

Baca lebih banyak