5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Tidak hanya kurang tidur, terlalu lama tidur juga dapat memengaruhi kondisi kesehatan. Normalnya, manusia dianjurkan untuk tidur selama 7-8 jam. Ahli menganggap jika tubuh akan sehat dan bugar dengan jangka waktu tersebut. Jika kamu terlalu lama tidur, maka akan ada efek buruk yang mengintai.

1. Berat badan naik

Terlalu banyak tidur memiliki dampak pada tubuh untuk lebih banyak menyimpan lemak dan kemampuannya untuk menghilangkan lemak tersebut sangatlah kecil. Sebuah studi menunjukkan efek terlalu banyak tidur bisa mengakibatkan kenaikan berat badan. Selama periode enam tahun, mereka yang tidur 10 jam lebih per malam memiliki peluang 21 persen lebih besar untuk menjadi gemuk daripada mereka yang tidur 7-8 jam.

2. Penuaan dini

Tidur berlebihan sebenarnya menyebabkan otak menua lebih cepat. Terutama pada orang dewasa usia lanjut telah terbukti menua otaknya hingga dua tahun. Hal ini mengakibatkan konsentrasi, memori, kemampuan melakukan tugas-tugas dasar sehari-hari menjadi buruk, dan dapat meningkatkan risiko mengalami gangguan degeneratif mental.

3. Depresi

Sementara gangguan tidur dan depresi sering berjalan beriringan, tidur berlebihan telah terbukti memiliki dampak negatif pada proses pemulihan. Secara keseluruhan, orang-orang yang tidur lebih dari 10 jam per malam memiliki skor lebih rendah pada ukuran kesehatan mental dan suasana hati daripada mereka yang tidur dalam jumlah normal. Membangun pola tidur yang sehat dianjurkan untuk membantu mengurangi gejala depresi.

4. Sakit kepala

Tidur terlalu lama memicu sakit kepala dan migrain. Fenomena ini dikenal sebagai “sakit kepala akhir pekan”. Sebab, banyak orang mengalami kelebihan tidur saat akhir pekan tiba. Diyakini, pola tidur seperti ini disebabkan oleh gangguan pada kadar neurotransmiter utama, seperti serotonin meningkat.

5. Sakit punggung

Jika kamu menderita sakit punggung, tidur terlalu lama dapat memperburuk gejala tersebut. Berbaring dalam waktu yang lama, terutama dalam posisi yang tidak ideal menyebabkan kekakuan otot dan meningkatkan rasa sakit. Dokter menyarankan agar penderita sakit punggung tetap aktif, dan tidur dengan batas waktu serta berolahraga.

 




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak

Seberapa Pentingnya Facial untuk Mempercantik Wajah?
Seberapa Pentingnya Facial untuk Mempercantik Wajah?

Desember 24, 2019

Sah-sah saja jika kaum perempuan ingin facial. Namun, yang perlu diingat adalah seberapa penting dan butuhnya kamu untuk melakukan facial?.

Baca lebih banyak