5 Cara Mudah Mengobati Asam Lambung Naik

November 06, 2019

5 Cara Mudah Mengobati Asam Lambung Naik

          Sedang makan tapi tiba-tiba merasa mulas? Gejala ini seringkali terjadi saat asam lambung kita naik. Hal ini bisa terjadi ketika isi lambung naik kembali ke kerongkongan. Meskipun saat ini banyak obat yang beredar untuk mengatasi asam lambung, banyak orang yang masih memilih pengobatan rumahan.

1. Lidah Buaya
          Tanaman yang sering disebut aloe vera ini tak hanya bagus untuk mengobati luka bakar, namun juga bisa menenangkan asam lambung. Lidah buaya dapat mengurangi peradangan yang ada di kerongkongan dan perut. Kamu bisa mengolahnya dengan menghaluskan lidah buaya hingga 1/2 cangkir dan minum sebelum makan.

2. Bubuk Soda Kue
          Soda kue juga bisa menjadi bahan yang efektif mengatasi rasa mulas akibat asam lambung. Soda kue bersifat basa sehingga dapat membantu menetralkan asam lambung. Kamu bisa mencobanya dengan mencampur antara 1/2 sampai 1 sendok teh soda kue dengan segelas air. Namun hindari pengobatan menggunakan soda kue apabila kamu sering mengalami sakit maag karena soda kue memiliki kadar garam yang tinggi sehingga dapat membuat mual.

3. Mengunyah Permen Karet
          Selain minum lidah buaya atau soda kue, kamu dapat mengunyah permen karet untuk meredakan rasa mulas. Kunyahlah permen karet bebas gula selama 30 menit setelah makan.

4. Perhatikan Postur Badan
          Setelah memakan makanan hangat, biasanya kamu mudah untuk duduk dengan posisi hampir tertidur, tetapi sebenarnya kebiasaan ini bisa membuat mulas menjadi lebih parah. Perut membutuhkan waktu hingga 4 jam untuk mengolah makanan sehingga disarankan untuk duduk tegak setidaknya 3 jam setelah makan.

5. Tidur di Sisi Kiri
          Jika kamu rentan terhadap naiknya asam lambung di malam hari, kamu mungkin perlu memikirkan kembali posisi tidur. Banyak dokter menyarankan tidur dengan posisi miring ke kiri sehingga tubuh dapat menjaga asam lambung tetap di tempatnya. Beberapa penelitian juga mendukung gagasan bahwa tidur di sisi kanan dapat memperburuk gejala sakit maag.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak