5 Cara Menyingkirkan Ketombe dengan Bahan Alami

Oktober 29, 2019

5 Cara Menyingkirkan Ketombe dengan Bahan Alami

          Lelah terus-terusan berurusan dengan ketombe? Kulit kepala yang mengelupas dan berbentuk serpihan ini seringkali menjadi masalah yang tak kunjung selesai. Munculnya ketombe sendiri dapat disebabkan oleh kulit kering, sensitif terhadap produk sampo/kondisioner, penyakit dermatitis seboroik atau sensitif terhadap pertumbuhan jamur tertentu di kulit kepala. Meskipun banyak cara untuk menyingkirkan ketombe, kamu dapat mencoba cara baru dengan menggunakan bahan alami seperti:

1. Baking Soda
          Baking soda adalah salah satu bahan yang cepat dan aman untuk mengobati ketombe. Baking soda dapat mengelupas sel-sel kulit mati dengan lembut, mengurangi ketombe dan gatal-gatal. Baking soda juga memiliki sifat anti jamur yang dapat bermanfaat dalam pengobatan ketombe. Untuk hasil terbaik, cobalah mengoleskan baking soda langsung ke rambut yang basah kemudian pijat kulit kepala. Biarkan selama satu atau dua menit, kemudian lanjutkan keramas seperti biasa.

2. Lidah Buaya
          Lidah buaya sering dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan beragam kondisi kulit seperti kulit kering, terkena luka bakar bahkan psoriasis. Lidah buaya juga memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri yang dapat membantu melindungi dari ketombe. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa lidah buaya dapat secara efektif membantu mengendalikan infeksi jamur yang menyebabkan rambut rontok.

3. Cuka Sari Apel
          Cuka sari apel juga sering digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan ketombe. Keasaman dari cuka dipercaya dapat membantu melepaskan sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Cuka sari apel juga dapat menyeimbangkan pH kulit untuk mengurangi pertumbuhan jamur sehingga dapat melawan ketombe. Cara memakai cuka sari apel yaitu menambahkan beberapa sendok makan cuka ke shampo atau kombinasikan dengan minyak esensial lainnya dan semprotkan langsung ke rambut.

4. Tea Tree Oil
          Sifat anti mikroba dan anti inflamasi dari tea tree oil dapat membantu meringankan gejala ketombe. Tea tree oil dipercaya efektif melawan beberapa jenis jamur yang dapat menyebabkan ketombe dan dermatitis seboroik. Namun, penggunaan tea tree oil perlu diperhatikan apalagi bagi yang memiliki kulit sensitif karena dapat menyebabkan iritasi. Cara terbaik untuk memakai tea tree oil adalah mencampurnya dengan beberapa tetes minyak kelapa sebelum mengoleskannya langsung ke kulit kepala.

5. Omega-3
          Apabila kamu kekurangan asam lemak omega-3, rambut akan menjadi kering dan muncul ketombe.  Asam lemak omega-3 dapat mengurangi peradangan yang berguna untuk membantu meringankan gejala iritasi dan ketombe. Selain itu, asam lemak omega-3 juga dapat membantu mengatur produksi minyak, menghidrasi kulit kepala, membantu penyembuhan luka dan mencegah penuaan dini. Kamu dapat memperoleh asam lemak omega-3 dari makanan seperti salmon, makarel, chia seed dan kacang kenari.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak