5 Cara Mengatasi Kulit Kendur Akibat Berat Badan Turun

Desember 10, 2019

5 Cara Mengatasi Kulit Kendur Akibat Berat Badan Turun

Kulit akan menjadi kendur saat berat badan menurun dalam jangka waktu cepat atau diet. Kondisi ini justru membuat seseorang tidak percaya diri, karena tujuan menurunkan berat badan adalah untuk memiliki body goals. Tapi, kalau kulit kendur bagaimana cara mengatasinya?

1. Menjaga pola makan

Kulit memiliki sifat elastis karena terbentuk dari sususan protein serta kolagen yang berfungsi mengencangkan sekaligus menyesuaikan dengan kondisi tubuh. Misalnya, kulit melar saat hamil. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah menjaga pola makan dengan mengurangi makanan atau minuman yang mengandung gula. Perbanyak konsumsi makanan yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan vitamin C untuk menjaga elastisitas kulit. Menurut penelitian US National Library of Medicine National Institutes of Health, asupan air putih yang cukup dapat membantu kulit terhidrasi dengan baik serta meningkatkan elastisitas kulit.

2. Gunakan skincare

Kondisi kulit kendur biasanya karena turunnya berat badan yang disebabkan menurunnya jumlah kolagen dalam kulit menjadi tidak kencang. Masalah tersebut bisa diatasi dengan memilih produk perawatan kulit tepat yang dapat meningkatkan produksi kolagen, seperti retinol, peptides, vitamin C, antioksidan, serta glycolic acid. Jangan lupa untuk gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat membuat kulit mudah kendur dan kehilangan elastisitas.

3. Latihan perkuat otot

Latihan memperkuat otot dapat mengurangi efek kulit kendur yang disebabkan menurunnya berat badan saat diet. Menurut dokter kulit Stanley Kovak, MD dari Kovak Dermatology and Laser Institute, latihan otot membantu meningkatkan elastisitas serta mengencangkan kulit khususnya di area yang kendur karena turunnya berat badan.

4. Hindari kebiasaan yang menyebabkan kulit kendur

Kebiasaan merokok, minuman alkohol, dan begadang dapat menyebabkan kulit kendur. Kulit akan kehilangan elastisitasnya jika masih sering melakukan kebiasaan tersebut.

5. Mengonsumsi suplemen

Kamu bisa mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan jumlah kolagen. Cara ini dianggap ampuh dan praktis, khususnya bagi yang memiliki segudang aktivitas dan tidak bisa mencukupi kebutuhan pada makanan. Kamu bisa mengonsumsi minyak ikan untuk membantu meningkatkan elastisitas kulit. Jangan lupa perhatikan aturan minum serta efek samping yang ditimbulkan berdasarkan jenis suplemen. Agar aman, konsultasikan pada ahlinya.

Produk rekomendasi :




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak