5 Cara Mendapatkan Kulit Wajah yang Sehat dan Kuat

Desember 04, 2019

5 Cara Mendapatkan Kulit Wajah yang Sehat dan Kuat

          Seringkali kita lebih mementingkan mengatasi masalah kulit dengan menggunakan skin care yang spesifik. Padahal sebenarnya kita membutuhkan dasar kulit yang sehat dan kuat untuk mempertahankan kecantikan kulit. Dengan kulit yang kuat, kulit tak hanya akan terlihat bagus namun juga berfungsi sebagaimana mestinya.

          Kulit yang kuat menciptakan lapisan pelindung kulit untuk mempertahankan diri dari beragam serangan yang membuat kulit tampak lebih kusam, menua atau berjerawat. Jika lapisan pelindung kulit ini melemah, tak mengherankan apabila kamu sering kembali menghadapi masalah kulit seperti iritasi, radang, jerawat, dan banyak lagi masalah kulit lainnya. Lalu bagaimana caranya mendapatkan kulit wajah yang sehat dan kuat? Berikut ini adalah penjelasannya yang bisa kamu ikuti.

1. Gunakan Produk yang Lembut
          Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan kuat, kamu perlu memperhatikan setiap produk skin care yang dioleskan ke kulit wajahmu. Hindari semua bahan-bahan keras yang dapat berpotensi mengeringkan kulit. Serum dan minyak memiliki kecenderungan untuk menembus jauh ke dalam kulit sehingga kamu perlu memperhatikannya juga terutama urutan pemakaian skin care yang benar. Pastikan produk skin care yang kamu gunakan memang sesuai dengan jenis kulitmu.

2. Hindari Air Panas
          Meskipun menggunakan air panas terasa lebih nyaman terutama ketika cuaca sedang dingin, menggunakan air panas dapat memperburuk kondisi kulitmu. Air panas tidak hanya secara langsung mengiritasi kulit, tetapi juga menghilangkan pelembab alami kulit, yang diperlukan untuk membantu menjaga lapisan pelindung kulit.

3. Jaga Pori-pori Tetap Bersih
          Pori-pori adalah komponen penting dari kulit sehingga kamu harus menjaganya tidak tersumbat. Pori-pori yang tersumbat akan menyebabkan masalah jerawat. Untuk mengatasinya, kamu membutuhkan pengelupasan kulit secara teratur. Pengelupasan kulit ini bertujuan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, menghilangkan minyak berlebih dan bakteri penyebab jerawat. Gunakan pengelupasan kulit fisik atau pun kimia setidaknya satu minggu sekali agar kulit tetap bersih.

4. Lindungi Kulit dari Perubahan Cuaca
          Perubahan cuaca dapat mempengaruhi kesehatan kulit tanpa kamu sadari. Cuaca yang tiba-tiba dingin akan membuat kulit menjadi kering sedangkan cuaca yang tiba-tiba panas dapat membuat kulit menjadi lebih berminyak. Untuk mengatasinya, kamu harus memakai pelembab setiap kali kulit terasa kering, dan menggunakan kertas minyak untuk mengurangi penumpukan minyak berlebih yang bisa meningkatkan risiko munculnya jerawat. Jangan lupa untuk memakai tabir surya setiap kali kamu keluar rumah untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat merusak kulit.

5. Jangan Pakai Terlalu Banyak Produk
          Seringkali kita terjebak dalam doktrin bahwa memakai sesuatu lebih banyak berarti lebih bagus. Hal ini tidak berlaku pada skin care. Setiap jenis skin care memiliki takarannya masing-masing sehingga memakai terlalu banyak mungkin malah menimbulkan masalah kulit baru. Perhatikan juga tekstur setiap skin care dan carilah yang sesuai dengan jenis kulitmu untuk menghindari iritasi kulit.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak